Aneh, Harga Daging Beku Sama dengan Daging Lokal

by -

METROPOLITAN.id – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor menggelar operasi pasar di Pasar Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (8/8). Dalam operasi itu, Disperdagin menemukan keanehan soal harga daging beku (frozen) dengan daging lokal yang harganya nyaris sama.

“Setelah kita cek ternyata masih ada temuan bahwa daging frozen harganya sama dengan daging lokal,” heran Nuradi saat operasi pasar.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan, harga Eceran Tertinggi (HET) daging beku dipasaran adalah Rp80 ribu per kilogram. Sementara penjual di Pasar Ciawi mengaku mendapat harga per kilogram sebesar Rp98 ribu. Akibatnya, mereka menjual dengan harga Rp110 ribu per kilogram.

“Sebenarnya daging beku itu sudah ada harga standarnya atau HET sekitar Rp80 ribu sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan, tapi dia jual Rp110 ribu,” ungkapnya.

Baca Juga  Aturan Perpanjangan Liburan Sekolah di Kota Bogor Tidak Berlaku Bagi Guru, Kadisdik : Senin Besok Masuk

Atas temuan itu, Disperdagin bakal melakukan penyelidikan lebih lajut. Nuradi mengaku akan membandingkan harga tersebut dengan harga di supermarket. Sebab bisa saja perbedaan harga karena jenis daging atau bagiannya berbeda.

“Nah ini yang akan kita tindaklanjuti dan nantinya akan kita bandingkan dengan yang ada di supermarket. Bisa saja harga mahal kan karena jenis dagingnya, misalkan bagian paha, begitu,” tandasnya. (cr2/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.