Antara Nomor Sial dan Madridista

by -

METROPOLITAN – Junior Firpo merapat ke FC Barcelona sebagai rekrutan keenam musim panas ini kemarin WIB (5/8). Junior didatangkan dari Real Betis dengan fee EUR 18 juta (Rp 286,7 miliar) yang mengikatnya sampai musim panas 2024. Dengan usia yang baru 22 tahun, Junior diproyeksikan sebagai penerus Jordi Alba di posisi bek kiri.

Namun, ada handicap yang dihadapi pemain 22 tahun kelahiran Republik Dominika tetapi telah mengantongi paspor Spanyol tersebut. Yakni, nomor punggung pilihannya. Junior mengenakan nomor 24. Nomor yang selama dua musim terakhir dipakai pemain yang tersisih dari skuad Blaugrana.

”Nomor yang tidak bersahabat lagi,” tulis Mundo Deportivo. Bek timnas Kolombia Yerry Mina memakainya pada 2017–2018, tetapi dilepas ke Everton pada akhir musim tersebut. Lalu, Thomas Varmaelen yang baru menyandangnya musim lalu kini ”disingkirkan” ke klub Jepang, Vissel Kobe.

Nilai plusnya, nomor 24 pernah dipakai legenda Barca seperti Carles Puyol dan Andres Iniesta. Puyol selama dua musim (2000– 2002), sedangkan Iniesta malah sampai empat musim (2003–2007). ”Saya harap bisa menuntaskannya (kontrak, Red),” ujar Junior tentang peluangnya bertahan lama di Barca kepada Marca.

Yang menarik, Junior mengaku masa kecilnya lebih dekat dengan Real Madrid, seteru abadi Barca. Dilansir Tribuna, Junior menjadi Madridista karena mengikuti ayahnya yang senang menonton laga Real. Musim panas ini dia pun sempat masuk target Real sebelum Los Merengues akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Ferland Mendy (Olympique Lyon). Di sisi lain, Barca diklaim tertarik dengan Junior karena memiliki tipikal versatile seperti Sergi Roberto. Meski seorang bek kiri, dia bisa beroperasi sebagai gelandang kiri. (ren/c25/dns)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *