Bale Nikah Grha Tiyasa

by -

METROPOLITAN – Mal Pelayanan Publik (MPP) merupakan tempat berlangsungnya kegiatan atau aktifitas penyelengga-raan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik Pusat Maupun Daerah, serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah dan Swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

Dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kini pemerintah dan warga masyarakat Kota Bogor telah memiliki Mal Pelayanan Publik pertama di Provinsi Jawa Barat dan pusat layanan pemerintah yang pertama kali diluncurkan di Indonesia dengan konsep mal. MPP Kota Bogor yang memiliki luas ± 750 M2 menempati gedung pusat perbelanjaan yang terintegrasi, memiliki seluruh sarana penunjang yang dibutuhkan serta lokasi yang sangat strategi mudah dijangkau karena berada dipusat Kota Bogor.

Lokasi MPP Kota Bogor yaitu berlokasi di Mal Lippo Keboen Raya yang beralamatkan di Jl. Raya Pajajaran No. 27 Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah. Mal Pelayanan Publik yang dikoordinir oleh Dinas PMPTSP Kota Bogor dibawah kepemimpinan H. Denny Mulyasi, S.E. diberi nama “GRHA TIYASA” yang bermaknakan sebuah tempat yang memiliki fungsi pelaya-nan serba ada dan serba bisa dengan kualitas pelayanan prima.

MPP Grha Tiyasa Kota Bogor pada tanggal 26 Agustus 2019 telah resmi dibuka dan peresmian langsung dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Komjen. Pol. (Purn.) Drs, Syafruddin, M.Si., Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA., beserta Walikota dan Wakil Walikota Bogor.

Didalam MPP Kota Bogor terdapat 145 layanan dari 4 instansi Pemkot Bogor dan 14 instansi vertikal seperti Kementerian terkait, BUMN, BUMD, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang disediakan untuk memudahkan warga Kota Bogor dalam mengurus berbagai izin, dengan mengedepankan teknologi informasi dan komunikasi.

MPP ini tidak sekadar melayani tetapi juga memudahkan masyarakat dengan menjamin layanan cepat satu hari jadi. MPP Kota Bogor adalah ikhtiar Pemkot Bogor untuk ikut serta dalam reformasi birokrasi yang transparan dan real time.

Terdapat keunggulan MPP Kota Bogor dibandingkan dengan MPP dikota lain yang ada di Indonesia, MPP Kota Bogor menggunakan sistem aplikasi yang bisa digunakan di Smartphone. Sistem aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai media informasi persyaratan pelayanan dari setiap instansi terkait hingga booking antrian secara online.

Dengan memanfaatkan booking antrian secara online, pengunjung MPP Kota Bogor dapat menentukan waktu kedatangan sesuai waktu yang diinginkan dan menjadi harapan agar pengunjung dapat mengefisiensikan waktu kedatangan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Guna memberikan pelayanan yang prima kepada warga Bogor, MPP Kota Bogor beroperasi setiap hari Senin- Jumat pukul 10.00-16.00 WIB dan hari Sabtu pukul 10.00-14.00 WIB. MPP Kota Bogor dilengkapi fasilitas penunjang seperti Anjungan Layanan Mandiri, Ramah Disabilitas, Lounge, area bermain anak, ruang laktasi, ruang rapat, mushola serta terdapat fasilitas unggulan MPP Kota Bogor yaitu Bale Nikah Grha Tiyasa sebagai tempat calon pengantin untuk melaksanakan Akad Nikah di MPP Kota Bogor. Dengan adanya fasilitas tersebut diatas diharapkan dapat memberikan kemudahan dan ke-nyamanan pada pengunjung Mal Pelayanan Publik Grha Tiyasa Kota Bogor.

Walikota Bogor Dr. Bima Arya Sugiarto, S.Hum., M.A. berharap setelah diresmikannya Mal Pelayanan Publik Grha Tiyasa Kota Bogor diharapkan seluruh warga Kota Bogor dapat menggunakan dan menikmati pelayanan MPP Kota Bogor. Pesannya, “Kami berupaya agar MPP ini tidak sekadar melayani tetapi juga memudahkan dan membahagiaan masyarakat Kota Bogor”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *