Bintang NBA Tersebar Luas

by -

SHANGHAI, Jawa Pos – FIBA World Cup alias Piala Dunia FIBA yang digelar di Tiongkok mu lai akhir pekan ini (31/8) dijejali bintang NBA. Mereka bukan anggota Team USA (juara ber tahan ini justru ditinggalkan pemain-pemain terbaiknya). Melainkan dari negara-negara Eropa. Sukses di liga basket paling elite di dunia, mereka tetap ingin memberikan yang terbaik bagi negeri.

Salah satunya MVP NBA 2019 Giannis Antetokounmpo. Bintang Milwaukee Bucks tersebut memimpin skuad Yunani bertarung di grup F. Berjibaku dengan Brasil, Selandia Baru, dan Montenegro. Tekadnya bulat untuk membawa Yunani juara. Bulan lalu bintang 24 tahun tersebut bahkan sempat berkoar, jika bisa ditukar, dirinya lebih memilih medali emas FIBA World Cup ketimbang gelar MVP NBA.

Baca Juga  Rusdi Yakin Cabor Baru Dulang Prestasi

’’Saya percaya dengan setiap katakatanya,’’ ucap Brook Lopez, center Team USA yang juga rekan setim Ante to kounmpo. ’’Itu menunjukkan betapa dia menginginkan gelar ini (FIBA World Cup),’’ tambahnya seperti dilansir AP.

Selain Antetokounmpo, ada tiga pemain penghuni skuad All NBA Team 2019 yang akan tampil di Tiongkok. Dan mirisnya, Team USA (sebutan timnas AS) hanya menyumbang satu nama. Dia adalah Kemba Walker (Boston Celtics). Dua pemain lain adalah Nikola Jokic (Denver Nuggets, Serbia) dan Rudy Gobert (Utah Jazz, Prancis).

Artinya, Team USA me mang benar-benar tidak membawa the dream team me reka pada FIBA World Cup tahun ini. Sementara itu, peluang kontestan lain untuk merebut medali emas masih terbuka sangat lebar. Jika ukuran sukses adalah memiliki pemain NBA sebanyak-banyaknya, Prancis boleh kon fiden. Mereka diperkuat enam bintang NBA. Setelah Prancis, Serbia dan Jerman berada di posisi kedua dengan ma sing-masing lima pemain NBA.

Baca Juga  Bupati Bogor Tawarkan Wisata ke Mahasiswa yang Kuliah di China usai Karantina

’’Setiap tim kini memiliki peluang yang sama. Itu akan membuat perjuangan semakin keras,’’ kata Nicolas Batum, pemain Prancis yang juga tampil di NBA bersama Charlotte Hornets.

FIBA World Cup tahun ini diikuti 32 tim yang tersebar di delapan grup. Tiongkok telah menyiapkan delapan kota untuk menjadi host bagi masing-masing grup. Sang juara bertahan, Team USA, berada di grup E bersama Turki, Republik Ceko, dan Jepang. Mereka tampil di Shanghai selama babak pertama ini. Tujuh kota lain yang juga menajdi host adalah Beijing, Nanjing, Wuhan, Dongguan, Foshan, Guangzhou, dan Shenzen. (irr/c19/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published.