Buka Jalan Baru, Tingkatkan Perekonomian Warga

by -

METROPOLITAN – Bantuan keu­angan Kementerian PUPR RI Rp600 juta dikucurkan dalam Program In­frastruktur Sosial Ekonomi Warga (PISEW) untuk pembukaan jalan baru penghubung Desa Bantarjaya dengan Desa Bantarsari di Kecamatan Ran­cabungur, Kabupaten Bogor. Kegiatannya yaitu pembangunan fisik, di antaranya pengecoran jalan desa (jaldes) di RW 06 sepanjang 690 meter, dengan lebar 2,5 meter, senilai kurang lebih Rp283 juta.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Burhanudin menutur­kan, selain rabat beton di Bantarjaya, pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) juga direalisasikan di Desa Bantarsari sepanjang 650 meter, dengan biaya kurang lebih Rp318 juta.

”Untuk Bantarsari meliputi RW 05, 06 dan 07. Pengerjaan ini ditargetkan rampung sebelum 18 Agustus 2019,” tuturnya kepada Metropolitan, ke­marin. Burhan menjelaskan, PISEW merupakan program PUPR RI, bukan dana aspirasi dewan. Hal itu ia sam­paikan setelah mengikuti rapat di tingkat Provinsi Jawa Barat dan di Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

”Pengerjaannya swakelola, tidak dipihakketigakan. Dikerjakan gotong-royong oleh masyarakat di dua desa. Tujuannya membuka akses mobili­sasi kebutuhan sosial dan ekonomi warga di dua desa tersebut,” jelasnya. Ia memaparkan, dua wilayah terse­but sebelumnya terisolasi, namun kini akses jalan sudah dapat diman­faatkan sebaik mungkin untuk mo­bilisasi hasil pertanian.

”Alhamdulillah, program ini disam­but baik masyarakat. Sebab, wilayah ini terisolasi sebelumnya. Sementara wilayah tersebut merupakan lahan pertanian yang produktif. Dengan jalan baru ini sangat membantu ma­syarakat, khususnya petani. Sehingga biaya operasional bisa ditekan seren­dah mungkin,” bebernya. Burhanudin juga mengucapkan te­rima kasih atas antusias masyarakat dengan program ini. Hibah lahannya sangat besar, sebab wilayah ini sebe­lumnya hanya jalan setapak dan saat ini sudah memiliki lebar 2,5 meter.

”Kalau tanah hibah warga dinilai dari harga tanah dan dinominalkan sangat besar sekali. Seperti di Ban­tarsari, 2.382 meter warga menghi­bahkan lahannya untuk akses jalan,”ucapnya. Karena itu ia berharap dengan rea­lisasi tersebut bisa mendongkrak perekonomian warga di dua wilayah tersebut. (yos/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *