Bulan Depan, PT KAI Diskon Harga Tiket

by -
ILUSTRASI: Kabar baik bagi para pengguna commuterline lantaran PT KAI bakal mendiskon harga tiket, bulan depan.

METROPOLITAN – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengeluarkan kebijakan baru bagi calon penum­pang yang berhak mendapatkan tiket kereta dengan tarif reduksi atau pemotongan harga. Pernyataan itu diungkapkan Manajer Humas Kereta Api Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto.

“Saat ini tarif re­duksi kami perluas, yang pada awalnya hanya berlaku pada lanjut usia (lansia) namun sekarang sudah dapat mencakup pada TNI, Polri, LVRI dan wartawan,” katanya, kemarin.

Selain itu, Eko menuturkan, kebijakan tersebut akan ber­laku untuk keberangkatan mulai 1 September 2019 hing­ga seterusnya. Para penumpang yang berhak atas menerima tarif reduksi diwajibkan mela­kukan registrasi terlebih da­hulu.

Registrasi itu dilakukan mulai 1 Agustus di customer service stasiun atau di loket stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh, apabila di stasiun tersebut tidak memiliki layanan customer service.

Syarat registrasi calon penum­pang harus membawa bukti identitas asli atas hak reduksi yang masih berlaku. Regist­rasi juga dapat diwakilkan dengan syarat tambahan, yaitu membawa pas foto terbaru penumpang yang akan didaf­tarkan.

“Registrasi cukup dilakukan satu kali sampai masa reduk­si penumpang yang bersang­kutan berakhir. Jika masa re­duksi sudah habis dan meng­inginkan hak reduksi kem­bali, maka wajib dilakukan registrasi ulang,” ucap Eko.

Registrasi ulang wajib dilaku­kan TNI atau Polri yang Program Kerja Sama (PKS)-nya habis atau surat tugas bagi wartawan sudah kedaluwarsa. Pada se­belumnya penumpang yang berhak atas tarif reduksi harus menyertakan fotokopi identi­tas di setiap transaksi namun kini hanya cukup menyebutkan nama, nomor hp dan nomor identitas tanpa menyertakan fotokopi identitas lagi.

Sedangkan untuk penggu­naan tarif reduksi dalam satu kali jalan, calon penumpang harus meregistrasi paling lambat tiga jam sebelum jad­wal keberangkatan kereta api. Hal itu dilakukan untuk men­jaga kenyamanan dalam per­jalanan.

Terdapat perbedaan untuk besaran tarif reduksi yang ber­hak didapat calon penumpang, seperti lansia berumur 60 tahun berhak atas tarif reduksi 20 persen untuk semua kelas ke­reta api setiap harinya. Ang­gota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) berhak mendapatkan tarif reduksi dengan besaran 30 persen (Jumat-Senin) dan 50 persen (Selasa-Kamis).

Lalu TNI aktif atau Siswa Pen­didikan TNI mendapatkan reduksi 25 persen KA ekseku­tif dan 50 persen KA bisnis dan ekonomi, berlaku setiap hari. Sedangkan untuk war­tawan, PT KAI menentapkan besaran reduksi sebesar 20 persen untuk penggunaan kereta bisnis dan ekonomi setiap harinya. (gdg/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *