Bupati Geser Posisi 267 Pejabat

by -

SUKABUMI – Sebanyak 267 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi digeser posisinya. Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku sengaja melakukan pe-rolling-an untuk membuat sistem pemerintahan lebih segar.

Sejumlah pejabat yang dirotasi di antaranya mereka yang menjabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas dan Jabatan Fungsional. Rinciannya yakni Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon IIb) sebanyak dua orang, Pejabat Administrator 247 orang dan Jabatan Pengawas dan 18 jabatan Fungsional di lingkup dinas kesehatan.

Untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik yakni Asisten Sekda Bidang Administrasi pada Sekretariat Daerah Didi Supardi dan Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran Raden Uang Burhanudin.

Bupati juga melantik Iwan Ruswandi sebagai anggota Dewan Pengawas Perumda BPR Kabupaten Sukabumi. Marwan menyampaikan, pelantikan yang dilaksanakan itu sebagai penyegaran tugas. Ia berharap dengan rotasi tersebut seluruh ASN dapat menunjukkan peningkatan kinerja.

Baca Juga  KPU Kerahkan 630 Orang Sortir Lipat Surat Suara

“Saya minta agar rotasi ini bisa mendorong percepatan peyelenggaraan tata administrasi pemerintah yang berorientasi pelayanan kepada masyarakat secara maksimal,” pintanya.

Ia juga menginginkan agar pejabat yang baru dilantik bisa melakukan kerjanya dengan profesional guna mewujudkan reformasi birokrasi pemerintah daerah yang bersih, berwibawa serta akuntabel. “Saya minta pejabat yang dilantik bisa menjalankan tugas secara maksimal,” harapnya.

Meski begitu, rotasi jabatan itu berdampak pada kekosongan di jabatan kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi. Didi Supardi yang sebelumnya menjabat kepala Dinkes, menempati jabatan baru sebagai Asisten Sekda Bidang Administrasi pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman menjelaskan, untuk sementara jabatan kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi dijabat pelaksana tugas (pLt).

Baca Juga  Disporabudpar Ngarep Didatangi Arkeolog

Yang ditunjuk menjadi plt adalah Sekretaris Dinkes yang saat ini masih menjabat, Harun Al Rasyid. ”Kami dari BKPSDM sudah buatkan surat plt dan sudah ditandatangani. Insya Allah besok sudah mulai bisa bertugas plt-nya,” kata Ade, kemarin.

Ade melanjutkan, berdasarkan surat tugas, plt kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi akan menjabat sampai ada kepala Dinkes definitif. Ade menegaskan, untuk mencari kepala Dinkes definitif nantinya harus melalui proses lelang jabatan, berdasarkan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

”Berapa lama dijabat, plt, kita nggak tahu. Tergantung pimpinan. Kita ikuti saja sesuai aturan yang berlaku. Tidak ada pengaruh signifikan. Yang namanya plt mah bisa mengambil kebijakankebijakan strategis,” tandas Ade.

Baca Juga  Lapas II B Kota Sukabumi Dinilai Berhasil Dorong Ekonomi Kerakyatan

Sekadar diketahui, pelantikan merupakan implementasi dari Pasal 108 UndangUndang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN yang mengamanatkan bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS, dengan memerhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai ketentuan. (ade/feb/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *