Fokus Pelayanan Konsultasi Pajak

by -
PELAYANAN: Bapenda Kota Bogor kini membuka lima layanan baru di fasilitas terpadu MPP di Lippo Plaza Keboen Raya.

METROPOLITAN – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor kini membuka pelayanan baru di fasilitas terpadu Mal Pelayanan Publik (MPP) Lippo Plaza Keboen Raya. Sejak uji coba hingga peresmian beberapa waktu lalu, Bapenda membuka lima layanan yang didominasi pengunjung yang berkonsultasi soal pajak.

Lima layanan yang semen­tara ini dihadirkan Bapenda Kota Bogor di MPP terkait pajak, yakni pelayanan kon­sultasi, print data pajak, cetak Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD), Surat Ke­terangan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) hingga salinan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

”Saat ini baru lima layanan dulu. Kenapa? Karena ter­kait keterbatasan koneksi aplikasi, belum semua nyam­bung ke sini (MPP, red). Sin­kronisasi belum, kan server-nya masih di Bapenda,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Ba­penda Kota Bogor, An An Andri Hikmat.

Baca Juga  Wah Proses Kasus Pajak Google Akan Segara Rampung?

Ke depan, sambung dia, jika sudah sinkronisasi sempurna, semua layanan di kantor Ba­penda akan diupayakan untuk bisa dilakukan di stan MPP. Sejauh ini, pengunjung yang datang ke Bapenda di MPP paling banyak melakukan konsultasi pelayanan pajak dan layanan print data pajak.

Hal itu sejalan dengan tu­juan utama dan fokus Ba­penda di MPP yang lebih ingin mengutamakan pe­layanan ketimbang teknis pembayaran.

”Misalnya nanya bagaimana cara ganti nama SPPT, syaratnya apa saja. Kedua kaitan print data wajib pajak. Bahwa saya lunas berapa tahun, misalnya,” ujar pria yang juga ketua umum Persatuan Judo Seluruh Indo­nesia (PJSI) Kota Bogor itu.

Tak hanya konsultasi, seluruh jenis pembayaran pajak juga bisa diproses di MPP. Meski­pun pihaknya tidak fokus utama ke proses pembayaran, lebih pada fokus ke proses pelayanan konsultasi. ”Kita inginnya seperti itu,” tuntas An An. (ryn/c/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *