Harga Cabai makin ’Pedas’

by -

METROPOLITAN – Dalam beberapa pekan terakhir, har­ga cabai terus mengalami kenaikan. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor menelusuri penyebab melonjaknya harga tersebut dengan menyambangi Pasar Ciawi, kemarin. Kepala Disperdagin Kabupaten Bogor Nuradi menemui langsung pedagang cabai yang berada di lantai dasar Pasar Ciawi.

Menurut salah seorang pe­dagang, Lela, kenaikan harga cabai baru saja terjadi Rabu (7/7) malam. Tadinya harga Rp50 ribu tiba-tiba melonjak menjadi Rp70 ribu untuk jenis cabai jablay. “Semalam baru datang itu dari Jawa Timur. Harga pas barang diturunkan jadi naik. Mungkin karena ke­keringan,” katanya.

Jenis cabai lainnya pun har­ganya meningkat. Tak mau rugi, Lela juga ikut menaikkan harganya. “Kan kita mah gi­mana harga dari sana. Kalau di sana naik ya kita juga naik. Ini memang mengalami kenai­kan terus sejak Idul Fitri,” be­bernya. Menanggapi hal itu, Nuradi mengaku akan menelusuri penyebab kenaikan harga cabai. Sebab saat Idul Adha, cabai akan menjadi salah satu bum­bu penting yang dicari untuk olahan daging kurban. ”Kami sedang mencoba mengenda­likannya,” katanya.

Selain melihat kondisi cabai, ia juga menyisir beberapa ko­moditas lainnya, seperti 12 kebutuhan pokok, daging dan beras. Untuk harga bawang merah mengalami penurunan, sedangkan bawang putih men­galami peningkatan. “Memang ada harga yang naik dan turun ya, tetapi yang penting setok aman sampai hari Idul Adha,” harapnya. (cr2/b/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *