Jadi Lebih Manja dan Rewel, Jan Ethes Akan Punya Adik

by -

METROPOLITAN – Jan Ethes Srinarendra, cucu pertama Presiden Joko Widodo, sebentar lagi akan punya adik. Ibunya, Selvi Ananda, saat ini tengah hamil anak kedua. Usia kehamilan kedua istri dari Gibran Rakabuming Raka itu kini sudah memasuki trimester kedua. Di awal kehamilan, Selvi bercerita bahwa putra pertamanya, Jan Ethes Srinarendra, sempat rewel dan bertingkah tidak seperti biasanya

“Iya, Ethes udah tahu kalau dia mau punya adik. Dia nanya “adiknya di mana? Saya jawab di perut ibu”. Kemarin di trimester awal kehamilan dia sempat rewel, rewelnya bukan main”, ujar Selvi dalam acara Moms Mingle di Hotel Grand Savero Bogor, Minggu (18/8).

Selain rewel, Jan Ethes juga jadi lebih manja. Ia tidak ingin jauh-jauh dari Selvi saat 3 bulan pertama kehamilan ibunya. “Dia apa-apa maunya sama saya saja. Tidak mau jauh dari saya,” kata Selvi.

Selvi mengaku bahwa perubahan sikap putranya itu terjadi karena perubahan sikap yang juga dialaminya akibat pengaruh hormon kehamilan. Ya, Moms, pengaruh hormon kehamilan memang bisa membuat sikap seseorang berubah tidak seperti biasanya.

“Waktu trimester awal karena suka mual pusing lemas. Jadi waktu nyuapin Ethes makan juga kadang suka lagi pusing, enggak kaya biasanya,” ujarnya.

Psikolog Keluarga Roslina Verauli M.Psi, Psi., turut menanggapi cerita Selvi Ananda tentang Jan Ethes ini. Menurut perempuan yang akrab disapa Verauli ini, perubahan yang terjadi pada diri ibu selama hamil bisa dirasakan oleh anak. Sehingga perilaku si kecil juga ikut berubah menjadi tidak seperti biasanya sebagai bentuk protes darinya.

“Anak kekinian itu cerdas-cerdas. Ketika ada yang berubah di lingkungannya, dia langsung bertanya pada dirinya what happen? Sehingga ia juga berubah secara emosional. Dia akan menampilkan protesnya. Anak cerdas itu bisa menangkap perubahan yang terjadi pada diri kita”, kata Verauli.

Nah, Moms, bagi Anda yang juga sedang hamil dan memiliki pengalaman yang sama seperti yang dialami oleh Selvi, jangan khawatir. Anak yang rewel karena ibunya sedang hamil adalah suatu bentuk protes yang normal dari si kecil karena lingkungannya berubah. Ini menunjukkan bahwa anak cerdas dan tanggap dengan perubahan di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *