Kalah di Tikungan Akhir

by -

METROPOLITAN – Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjuarai MotoGP Austria 2019 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, kemarin. Dovi berhasil menempati posisi pertama setelah secara dramatis menyalip Marc Marquez pada tikungan terakhir.

Dovizioso-Marquez terlibat pertarungan ketat memperebutkan posisi terdepan sejak balapan dimulai. Persaingan keduanya berlangsung sepanjang balapan dan diwarnai saling salip antara kedua pebalap.

Marc Marquez menduduki pole position pada balapan edisi ke-11 MotoGP tersebut. Meski memulai balapan dari posisi terdepan, Marquez langsung disalip oleh pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, sejak lap pertama. Posisi Marquez bahkan melorot hingga ke urutan keempat setelah disalip oleh Andrea Dovizioso (Ducati) dan Jack Miller (Pramac Racing). ­

Posisi Quartararo pun tak bertahan lama setelah Andrea Dovizioso menggesernya dari posisi puncak ketika balapan memasuki lap kelima. Ia pun terlempar ke posisi ketiga usai Marquez ganti menyalipnya. Ramalan Dovizioso bahwa ia akan terlibat balapan sengit dengan Marquez seperti ter­bukti.

Kedua pebalap tersebut bersaing ketat di posisi pertama dan kedua, hingga Marquez menyalip pesaingnya asal Ita­lia tersebut pada tikungan sembilan setelah sempat ter­libat saling pepet.

Marquez pun akhirnya kem­bali ke posisi terdepan setelah lepas dari tekanan Dovizioso dengan selisih 0,991 detik. Dovizioso terus menempel Marquez hingga lap ke-16 dengan selisih waktu 0,223 detik. Praktis, hanya Dovizio­so dan Marquez yang mendo­minasi jalannya balapan dengan meninggalkan jauh lawan-lawannya.

Usaha Do­vizioso tak sia-sia. Memasuki lap ke-19, dia menyalip Mar­quez dan kembali ke posisi terdepan. Memasuki lap ke-24, Dovizioso tetap ditempel ketat oleh Marquez meski ia masih menguasai posisi terdepan.

Pertarungan Marquez-Do­vizioso semakin sengit pada lap ke-25. Keduanya bergan­tian saling menyalip hingga dua kali bersisian. Namun, Marquez melepaskan diri dari tekanan Dovizioso dan meraih kembali posisi terdepan.

Balapan memperebutkan podium terus berlangsung dengan ketat hingga lap terakhir. Kegigihan Dovizioso mem­buahkan hasil. Secara drama­tis, dia menyalip Marquez pada tikungan terakhir. Dovi­zioso pun akhirnya menga­mankan gelar juara MotoG­PAustria 2019 dengan Marquez menempel di belakangnya.

Sebelumnya, Dovizioso ter­lihat percaya diri dapat bersaing dengan Marc Marquez pada MotoGP Austria 2019. ”Kami tahu bahwa Marc memiliki kecepatan yang sangat bagus dan dia akan sangat ingin tetap di depan dan membuat ritme­nya sendiri jadi kami harus siap,” kata Dovizioso.

”Dia memang sangat kencang, suhu sirkuit juga sangat panas, dan untuk membuat waktu putaran itu sangat sulit jadi tentu saja dia melakukan se­suatu yang istimewa seperti yang sudah dia lakukan sebe­lumnya. Tapi untungnya, ter­kait kecepatan balapan kami sedikit lebih dekat. Jadi kita lihat saja,” ucapnya.

”Kami sudah bekerja sangat keras untuk balapan ini dan kami cukup konsisten. Tapi Marc sangat kencang di setiap latihan dengan setiap ban, tapi kami bisa bersaing,” sam­bung pebalap Italia itu.

”Kupikir kami siap untuk bertarung dan memang masih ada sesuatu yang bisa diting­katkan, itu positif, jadi kita lihat saja kondisi besok,” pungkas Dovizioso. (bol/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *