Melihat Kemeriahan Peringatan HUT RI di Lapas Bogor, Warga Binaan Antusias Ikuti Berbagai Lomba

by -

METROPOLITAN.id – Ratusan warga binaan di Lapas Kelas 2A Bogor tumpah ruah dalam semarak perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Mereka mengikuti beragam perlombaan yang telah disiapkan petugas lapas.

Perlombaan tersebut di antaranya turnamen volly, futsal, catur, badminton, tenis meja, tarik tambang, balap karung, makan kerupuk, nangkap belut, balap sarung, oper tepung dan panjat pinang. Tak hanya itu, ada sejumlah lomba yang cukup menarik seperti lomba kebersihan kamar dan blok lapas.

Kepala Lapas Kelas 2A Bogor Teguh Wibowo mengatakan, perayaan 17 Agustus ini merupakan yang paling meriah sepanjang sejarah lapas. Sebab, hampir semua jenis perlombaan yang ada di masyarakat dihadirkan ke dalam lapas.

Baca Juga  Pertamina Buka Posko Siaga Idul Adha

Selain sebagai ajang merayakan hari jadi Republik Indonesia, kegiatan yang diikuti seluruh penguni lapas ini juga bertujuan untuk memperkuat kebersamaan dan persatuan antar warga binaan.

“Supaya lebih merekatkan satu dan lainnya agar terbangun persaudaraan yang erat antar penghuni lapas,” kata Teguh.

Teguh berkomitmen kegiatan seperti ini akan terus diadakan. Dirinya juga ingin menepis stigma negatif terhadap warga binaan.

“Kita ingin buktikan kepada semua bahwa mereka juga bisa bersaudara dan rukun satu sama lain selama berada di dalam lapas ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Keamanan Lapas Kelas II A Bogor Tomi E mengaku kegiatan ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk pembinaan dalam rupa hiburan bagi warga binaan. Mereka juga butuh hihutan dan pembinaan tidak mesti dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pemahaman.

Baca Juga  Putu Perkosa Siswi SMK Karena Sakit Hati BBM Tak Dibalas

“Tekadang dengan cara enjoy dan fun seperti ini pembinaan bisa lebih mengena ke dalam diri warga binaan,” ujar Tomi.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi para warga binaan. (ogi/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *