Menuju Desa Wisata

by -

METROPOLITAN – Selain pemera­taan infrastruktur, Pemerintah Desa (Pemdes) Banyuresmi tengah mem­persiapkan peluncuran wisata desa tahun ini. Nantinya destinasi itu akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM­Des) Jaya Abadi Banyuresmi, dengan tujuan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan untuk mem­buka lapangan pekerjaan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Banyuresmi Muhamad Kosasih menuturkan, lo­kasi wisata desa ini di Kampung Citem­puan, RT 02/09, dan akan diluncurkan tahun ini. ”Nanti BUMDes yang akan mengelola secara keseluruhan hasil pendapatan dari giat di lokasi tersebut,” katanya kepada Metropolitan, Jumat (23/8).

Ia menjelaskan agar perekonomian BUMDes ini berjalan, melalui program Dana Desa (DD) tahap II dan III, lem­baga usaha berpayung hukum itu akan disuntik modal Rp600 juta.

Baca Juga  BARENG WARGA NGASPAL JALDES 1.650 METER

”Akan diresmikan nanti setelah ada bantuan pendanaan dari program DD. Dengan ada desa wisata secara otoma­tis menghidupkan juga ekonomi war­ga yang berwirausaha,” ujarnya.

Ia berharap progam ini berjalan baik dan semestinya. Sehingga dapat me­narik pelancong dari dalam maupun luar Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. (yos/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.