Menuju Desa Wisata

by -

METROPOLITAN – Selain pemera­taan infrastruktur, Pemerintah Desa (Pemdes) Banyuresmi tengah mem­persiapkan peluncuran wisata desa tahun ini. Nantinya destinasi itu akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM­Des) Jaya Abadi Banyuresmi, dengan tujuan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan untuk mem­buka lapangan pekerjaan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Banyuresmi Muhamad Kosasih menuturkan, lo­kasi wisata desa ini di Kampung Citem­puan, RT 02/09, dan akan diluncurkan tahun ini. ”Nanti BUMDes yang akan mengelola secara keseluruhan hasil pendapatan dari giat di lokasi tersebut,” katanya kepada Metropolitan, Jumat (23/8).

Ia menjelaskan agar perekonomian BUMDes ini berjalan, melalui program Dana Desa (DD) tahap II dan III, lem­baga usaha berpayung hukum itu akan disuntik modal Rp600 juta.

”Akan diresmikan nanti setelah ada bantuan pendanaan dari program DD. Dengan ada desa wisata secara otoma­tis menghidupkan juga ekonomi war­ga yang berwirausaha,” ujarnya.

Ia berharap progam ini berjalan baik dan semestinya. Sehingga dapat me­narik pelancong dari dalam maupun luar Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. (yos/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *