Nama Jalan di Belanda yang Menggunakan Nama Pahlawan Indonesia

by -

METROPOLITAN – Melihat nama pejuang kemerdekaan Indonesia atau nama-nama besar pahlawan diabadikan sebagai nama jalan di tanah air pastinya sudah jadi hal yang biasa, tapi bagaimana jika kamu menemukannya di Belanda?

Ya, walaupun secara historis Belanda dan Indonesia punya sejarah yang tidak menyenangkan, yaitu sebagai penjajah dan negara jajahan, rupanya Negeri Kincir Angin ini mengakui kehebatan tokoh-tokoh besar Indonesia, lho.

Buktinya, mereka mengakui perjuangan para pahlawan Indonesia dan mengabadikannya sebagai nama jalan. Mulai dari pejuang kemerdekaan seperti Moh. Hatta dan Sutan Syahrir, penggerak emansipasi wanita R.A Kartini, hingga Munir yang dikenal sebagai tokoh pejuang HAM bisa kamu temukan namanya di beragam sudut Belanda. Ingin tahu di mana saja? Simak ulasannya berikut, ya.

1.R.A. Kartini

Raden Ajeng Kartini, pahlawan emansipasi wanita asal Jepara ini namanya diabadikan bukan hanya di satu kota, tetapi di empat kawasan jalan di Belanda. Perjuangannya membela hak perempuan Indonesia untuk mendapatkan pendidikan dan kesetaraan gender menjadi alasan terbesar nama R.A Kartini diabadikan di Negeri Kincir Angin.

Kamu bisa menemukan jalan dengan nama lengkap pendekar wanita itu di Amsterdam, yaitu Raden Adjeng Kartinistraat. Sementara di Utrecht kamu akan menemukannya dengan nama R.A Kartinistraat. Sedangkan di Haarlem, dan Venlo, kamu akan menemukannya terpajang dengan nama Kartinistraat.

2.Munir

Mungkin Munir bukan pahlawan Indonesia yang bergerak di masa sebelum kemerdekaan, namun aksinya untuk memperjuangkan hak asasi manusia di Indonesia patut diacungi jempol. Munir adalah tokoh utama yang mengusut kasus penghilangan orang yang diduga dilakukan Tim Mawar. Sayang, Munir Said Thalid mesti kehilangan nyawanya setelah mereguk minuman yang rupanya sudah dicampur racun, tepat di atas pesawat yang membawanya menuju Amsterdam pada 7 September 2004. Atas usulan Amnesty Internasional, nama Munir dijadikan sebagai salah satu ruas jalan sepeda di pemukiman Kota Den Haag, Belanda.

Dikenang dengan nama Munirpad, jalan ini diresmikan oleh Wali Kota Den Haag Joziaas van Aartsen pada 15 April 2015 silam.

3.Moh. Hatta

Siapa yang tak kenal dengan Bung Hatta? Sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia sekaligus wakil presiden pertama, Moh. Hatta dikenang masyarakat Indonesia sebagai salah satu Bapak Bangsa. Terutama saat ia mendampingi Ir. Soekarno kala memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 silam.

Tak sampai di situ saja, Moh. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia yang berusaha membangun perekonomian tanah air pascakemerdekaan. Karena jasa dan peran pentingnya dalam perjuangan Indonesia, pria yang pernah mengenyam pendidikan di Belanda itu namanya diabadikan sebagai nama jalan di Kota Haarleem.

Masyarakat setempat mengenal jalan tersebut sebagai Mohammed Hattastraat. Pemberian nama ini ditetapkan oleh pejabat wali kota R.H Claudius dan diresmikan oleh Pemerintah Belanda. Kamu bisa menemukan papan nama jalannya di kawasan perumahan Zuiderpolder yang dibangun pada tahun 1987.

4.Sutan Syahrir

Tokoh kelahiran Padang Panjang, Sumatera Barat, Sutan Syahrir dikenal sebagai salah satu perintis, intelektual, dan revolusioner kemerdekaan Indonesia. Pria yang pernah menjabat sebagai perdana menteri itu sempat kuliah hukum di Universitas Amsterdam, Belanda.

Dikenal sebagai sosok Ksatria Politik dengan idealisme yang tinggi, nama Sutan Syahrir kemudian diabadikan sebagai nama jalan di tiga tempat berbeda di Belanda. Kamu bisa menemukannya di Leiden dengan nama Sjahrirstraat, di Gouda dengan nama Sjahrirsingel, dan di Haarlem dengan nama Sutan Sjahrirstraat.

Gimana, jadi semakin tak sabar ingin traveling ke Belanda untuk melihat langsung jalan-jalan bernama pahlawan Indonesia ini kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *