Ngaspal Jaldes hingga Saluran Air

by -

METROPOLITAN – Anggaran Penda­patan dan Belanja Negara (APBN) 2019 pada penyerapan Dana Desa (DD) termin I 20 persen Rp188.658.582, sukses diserap Pemerintah Desa (Pem­des) Ciampea.

Anggaran itu direalisasikan untuk pemerataan infrastruktur dengan cara gotong-royong bersama masy­arakat desa. Kepala Desa (Kades) Ciampea Suparman menuturkan, tahun ini penyerapan DD I tengah berjalan di dua lokasi kampung. Di antaranya pengaspalan hotmiks jalan lingkungan Kampung Gedongas­bak, RW 01, sepanjang 700 meter dan di Kampung Kebonkopi, RW 05 600 meter.

”Saat ini sudah rampung dikerjakan. Saya bersyukur karena masyarakat antu­sias ikut berperan aktif dalam proses pembangu­nan desa. Sehingga man­faatnya bisa dirasakan bersama-sama,” tuturnya pada Metropolitan.

Ia menjelaskan, budaya gotong-royong di wilayah Ciampea memang terjaga dengan baik sejak lama dan bertahan hingga kini. Selain mem­percepat tempo pengerjaan, keber­samaan ini juga menjadi ajang dan wadah silaturahmi antarwarga.

”Tentu saya berharap pada penyera­pan DD II dan III APBN 2019 nanti bisa terlaksana dengan baik dan bisa berjalan seperti saat ini,” harapnya. Selain pengaspalan di dua lokasi itu, lanjut Suparman, bebersih salu­ran irigasi di Kampung Gedong, RT 05/01, juga direalisasikan sepanjang kurang lebih 500 meter.

”Bebersih irigasi ini juga melibatkan warga. Insya Allah setelah bersih, ti­dak ada lagi air yang tersumbat. Ter­lebih jadi sarang nyamuk,” harapnya. Sementara untuk pengaspalan di­harapkan juga menjadi akses yang mempermudah masyarakat dalam beraktivitas setiap hari. (yos/c/els/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *