40 Anak Dapat Bantuan Rp900 Ribu per Tahun

by -
KOMPAK : Anak Paud yang di bantu Desa foto bareng dengan Camat Ciomas Unicef, Dinas Pendidikan, dan staf Desa Ciomas Rahayu, kemarin.

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Ciomasrahayu, Kecamatan Ciomas mengalokasikan anggaran Dana Desa (DD) untuk membantu 40 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tidak mampu. Acara ini untuk mendukung Program Bogor Cerdas.

Laporan: Ade Sumantri

Sekretaris Desa Ciomasrahayu, Selli Silihwati mengatakan, Program Dana Desa yang digulirkanh pemerintah pusat ke Desa Ciomasrahayu tidak hanya untuk infrastruktur saja, tapi digunakan untuk peningkatan kualitas SDM. Salah satunya membantua anak PAUD yang tidak mampu agar tetap bisa bersekolah. “Pemdes Ciomasrahayu mengalokasikan anggaran DD senilai Rp36 juta untuk membantu 40 anak PAUD,” ujar Seli usai menyerahkan bantuan yang dihadiri Disdik Kabupaten, Camat Ciomas dan United Nations Children’s Fund (UNICEF) di Aula Kantor Desa, kemarin.

Seli menjelaskan, anak PAUD yang dibantu DD merupakan mereka yang tidak mampu dan belum terlayani dari data Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM). Selain meningkatkan kualitas SDM, program ini juga bertujuan mendukung program Bogor Cerdas. “Kita berharap anak-anak yang ada di Ciomasrahayu bisa tetap sekolah PAUD. Setahun, satu anak mendapatkan bantuan senilai Rp900 ribu,” katanya.

Perwakilan UNICEF, Meliana Istanto mengaku, PAUD di Kabupaten Bogor sudah memiliki kemajuan yang sangat pesat. Hal tersebut dilihat dari angka partisipasinya tahun 2016, hanya 56 persen dan tahun sekarang sudah mencapai 60 persen. Peningkatan angka partisipasi di Kabupaten Bogor, 60 persen sudah hampir menyamai angka partisipasi tingkat nasional yakni 70 persen. “Peningkatan partisipasi PAUD karena adanya dukungan dari Pemkab Bogor dengan program Pancakarsa. Selain itu, desa juga sudah mengalokasi DD untuk peningkatan kualitas SDM, tidak hanya infrastruktur,” bebernya.

Menurutnya, kehadiran UNICEF dalam pendukung peningkatan SDM berkerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kementerian Desa dalam masalah data Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyrakat (SIPBM). “Saya berharap tidak hanya Desa Ciomasrahayu, tapi semua desa di Kabupaten Bogor bisa mengalokasikan DD untuk peningkatan SDM anak PAUD, ” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *