Belajar Berkebun Pakai Hidroponik

by -

METROPOLITAN – Mengisi waktu luang dengan sesuatu hal yang bermanfaat salah satunya bisa dilakukan dengan cara berkebun. Tempat agrowisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Parung 546 atau Parung Farm di Jalan Raya Parung, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

Di sini, pengunjung bisa cuci mata melihat kebun sayur-sayuran segar sekaligus belajar teknik ber­kebun. Parung Farm sendiri meru­pakan area pertanian hidroponik dan aeroponik sehingga media tanam yang digunakan bukan tanah me­lainkan air.

Sudah banyak hasil pertanian Parung Farm yang dipasarkan di swalayan, seperti tomat, sawi, bay­am, hingga bunga hias dan anggrek. ”Lumayan ya ke sini bisa menam­bah pengetahuan kita dan anak-anak juga soal berkebun dan tanaman hidroponik,” tutur salah seorang pengunjung, Ani yang datang ber­sama anaknya, (5/9).

Baca Juga 

Jika masuk ke dalam, pengunjung akan bertemu dengan lahan per­semaian, ruang kaca, padang rum­put, dan kebun buah-buahan. Di rumah kaca, media tanam yang digunakan yaitu aerponik yang mana banyak ditanami sayur-say­uran mulai dari bibit hingga yang sudah mau panen.

Meski kebunnya sangat luas, pen­gunjung tak perlu takut lelah sebab di area perkebunan ada semacam gazebo yang bisa digunakan untuk duduk-duduk sembari beristirahat.

Di samping itu, pengunjung nanti­nya juga akan melihat pipa-pipa yang dialiri air yang diujungnya diletakkan pot berisi tanaman say­uran. ”Saya beli anggrek tadi, anggrek bulan, cantik-cantik banget soalnya tadi,” ucap Ani.(trb/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *