Fajar/Rian Gondol Emas di Korea Open 2019

by -

METROPOLITAN – Tim ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, menjadi juara turnamen badminton Korea Open 2019. Keduanya menduduki podium juara usai mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang) dengan dua game langsung 21-16, 21-17, pada final yang berlangsung di Incheon Airport Skydome. “Alhamdulillah bersyukur bisa menang hari ini di sini. Semoga ke depannya kami bisa konsisten,” kata Fajar.

“Bersyukur alhamdulillah bisa menang, semoga kami tidak cepat puas karena setelah ini masih banyak turnamen yang harus kami jalani. Setelah pertandingan ini selesai, kami bukan juara lagi, harus berusaha lagi, latihan lagi,” saut Rian. “Tadi juga kami sebenarnya nggak menyangka bisa menang straight game, karena mereka bukanlah lawan yang mudah,” sambungnya.

Baca Juga  Ihsan dan Ketut/Tania Tersingkir

Sempat tertinggal di awal game partama, tak menyurutkan langkah Fajar/Rian untuk terus mengejar poin dari lawan. Mereka berhasil unggul dengan skor 21-16. Memasuki gim kedua, pertandingan berlangsung lebih ketat. Namun Fajar/Rian kerap memimpin poin dari lawan. Mereka akhirnya berhasil melesat meninggalkan lawan di poin 21-17. “Hari ini kami lebih percaya diri, lebih siap dan fokus apalagi kemarin habis menang dari mereka,” ujar Rian.

Bagi Fajar/Rian, ini merupakan gelar kedua yang mereka raih pada 2019 setelah Swiss Open. Pada Swiss Open 2019, Fajar/Rian keluar sebagai juara seusai menundukkan Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan), dengan skor 21-19, 21-16. Namun setelah Swiss Open 2019, performa Fajar/Rian perlahan menurun.

Baca Juga  3 Wakil Indonesia Lolos ke Semifinal All England 2019

Fajar/Rian kerap menjadi semifinalis pada Malaysia Open 2019, pasangan peraih medali perak Asian Games 2018 itu hanya bisa mencapai perempat final pada Singapore Open 2019. Fajar/Rian selanjutnya kalah berturut-turut kalah pada babak kedua Kejuaraan Asia 2019 dan babak kesatu Australian Open 2019.

Fajar/Rian baru bisa memperbaiki pencapaian mereka saat tampil pada turnamen di rumah sendiri, Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Juni lalu. Pada turnamen BWF World Tour Super 1000 itu, Fajar/Rian mampu bertahan sampai perempat final.

Performa kurang positif kembali ditunjukkan Fajar/Rian ketika turun pada Japan Open 2019 dan Thailand Open 2019. Pada dua turnamen itu, Fajar/Rian hanya bisa melangkah sampai babak kedua.

Baca Juga  Indonesia Masters 2020 - Usai Lakoni Duel Derbi nan Alot, Lee So-hee/Shin Seung-chan Jumpai Juara Bertahan

Grafik penampilan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto baru kembali naik dan cukup konsisten pada tiga turnamen terakhir sebelum Korea Open 2019. Fajar/Rian selanjutnya mencapai semifinal Kejuaraan Dunia 2019, perempat final Chinese Taipei Open 2019 dan semifinal China Open 2019. (bol/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.