Hotmiks Jaling, Bangun TPT hingga Bersihkan Drainase

by -

METROPOLITAN – Kelayakan akses jalan lingkungan (jaling) dan infrastruktur lain menjadi fokus kerja Pemerintah Desa (Pemdes) Ciampea, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Tiga titik pelaksanaan tengah di realisasikan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) bergotong rotong bersama masyarakat desa setempat.

Diantaranya, pengaspalan hotmix jaling di wilayah RW 02 sepanjang 350 meter dengan menggunakan biaya Rp 48 juta. Kepala Desa (Kades) Ciampea Suparman menuturkan, selain lokasi itu, pengaspalan lainnya di kerjakan di RW 04 sepanjang 600 meter Rp84 juta.

“Lokasi lainnya yaitu, pembangunan tembok penahan tanah (tpt) di RW 05 dengan lebar 22 meter dan tinggi 7,5 meter. Biayanya, Rp 131.700.000,” ujar Suparman kepada Metropolitan.

Sementara itu, Sekretaris Desa Ciampea Hendrik menjelaskan, pada kegiatan lain yaitu, pembangunan tpt di RW 01 dan 04 serta kegiatan normalisasi saluran air (drenase).

“Semua kegiatan ini, sambungnya, menggunakan Dana Desa (DD) II, 40 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019,” katanya.

Ia berharap, pembangunan tersebut memberikan manfaat terbaik. Seperti, tpt diharapkan tidak terjadi bencana tanah longsor, dan normalisasi drenase diharapkan tidak terjadinya sumbatan air,” paparnya

Sementara, jaling yang mulus di harapkan memudahkan warga dalam beraktivitas sehari – hari. “Kami perwakilan pemdes sangat apresiasi atas kekompakan warga. Sehingga pekerjaan dapat berjalan dengan baik dan lekas selesai,” bebernya lagi.

Disisi lain, ungkapan terimaksih juga disebutkan kepada pemerintah pusat dan Pemkab Bogor, sehingga sentuhan pembangunan terasa hingga pelosok di wilayah Desa Ciampea. (yos/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *