Lebihi Kuota, 5 Desa Ikuti Seleksi Tambahan

by -
SOSIALISASI: Panitia Pilkades Kecamatan Leuwiliang mensosialisasikan tahapan Pilkades serentak 2019 Kabupaten Bogor di aulan Kantor Desa Barengkok, kemarin.

METROPOLITAN – Panitia Pilkades Kecamatan Leuwiliang mensosialisasikan seleksi tambahan bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) di Desa Barengkok, Kecamatan Leuwiliang, kemarin. Kegiatan ini dilakukan lantaran dari sembilan desa yang menggelar Pilkades serentak 2019 Kabupaten Bogor, ada lima desa yang harus mengikuti seleksi tambahan.

Menurut Pjs Desa Barengkok, Agus Jamaludin, alasan kelima desa ini harus mengikuti seleksi tambahan lantaran ada lebih dari lima orang yang mendaftarkan diri menjadi orang nomor satu di masing-masing desa tersebut. Sosialisai juga bertujuan untuk menyamakan persepsi antara Panitia Pilkades dan Balon Kades.

“Selain itu, balon juga paham akan tahap pilkades. Termasuk teknis ketika mengikuti testing nanti. Ketika tes sudah dilalui dan Balon sudah di tetapkan menjadi calon, mereka yang tidak lulus tes bisa legowo,” katanya.

Baca Juga  Genjot PR Desa

Sementara itu, Sekretaris I Panitia Pilkades Kecamatan Leuwiliang, Ivan Pramudia, menjelaskan adapun kelima desa yang harus mengikuti seleksi tambahan. Diantaranya, Desa Leuwiliang karena diikuti enam balon, Desa Cibeber diikuti tujuh balon, Desa Barengkok diikuti delapan balon, Desa Leuwimekar diikuti enam balon serta Desa Karehkel diikuti enam balon.

“Sesuai aturan pilkades, ketika Balon lebih dari lima orang tentunya di adakan testing. Sebelum testing kita sosialisasikan dulu ke setiap balon. Termasuk, aturan Perbup dan materi yang nantinya di ujikan apa saja,” katanya.

Menurutnya, saat ini proses masuk tahap verifikasi berkas balon hingga Sabtu (14/9). Setelah testing, nantinya  para balon mengerucut ke lima balon. “Rencananya tes tersebut bakal di gelar di kantor Kecamatan secara serentak. Untuk keseluruhan yang mendaftar ada 46 balon di Kecamatan Leuwiliang,” ujarnya.(ads/b/rez)

Baca Juga  Satpol PP Kecamatan Wajib Pantau KFC Dramaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *