Pedagang Jalan Bata Pasar Bogor ‘Diusir’

by -
DITERTIBKAN: Kawasan Jalan Bata Pasar Bogor terlihat rapi dari pedagang yang berjualan. Rencananya daerah sekitar akan ditata.

METROPOLITAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mulai merealisasikan penataan kawasan Pasar Bogor serta Jalan Suryakencana. Jalan Bata, Kecamatan Bogor Tengah, yang sedianya diisi oleh pedagang dan parkir kini mulai ditertibkan. Rencananya, jalan tersebut akan dimanfaatkan sebagai pusat kuliner malam.

Jalan sepanjang kurang lebih 100 meter itu kini sudah ditutup seng dari arah Jalan Roda maupun Jalan Suryakencana, penanda pembangunan akan segera dimulai. Kepala Satpol PP Kota Bogor Hery Karnadi mengatakan, penertiban Jalan Bata menjadi rangkaian penataan fisik jalan Suryakencana, yang sudah direncanakan sejak 1-2 tahun lalu. Baru bisa dimulai sekarang karena pekerjaan utama akan segera terealisasi.

“Akan berubah secara fisik. Yang tadinya digunakan pedagang basah dan sayur, Jadi pusat kuliner malam hari. Nggak cuma disini, tapi juga di tujuh gang di sepanjang Surken, jadi pusat kuliner,” katanya selepas apel penertiban, kemarin.

Jalan Bata pun dipastikan tanpa pedagang dan harus kosong. Ia mengklaim, Pemkot Bogor sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang sejak beberapa minggu lalu, tiga-empat kali pertemuan. Pedagang yang biasa berjualan pada siang hari, dipindah ke bawah terowongan Plaza Bogor Jalan Roda, sedangkan parkir motor dipindah ke atas balkon Pasar Bogor. Pembangunan pusat kuliner ini sendiri diprediksi rampung pada Desember mendatang.

“Sedangkan yang malam, dipjndah ke sebelah Kelenteng. Kita sudah siapkan tempatnya, tinggal pindah. Hari ini (kemarin, red) pembersihan,haru berikutnya mulai penggalian,drop alait berat. Ini penanda juga bahwa ada pembangunan,” tukas Acong sapaan karibnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perusahan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Muzakkir menuturkan, tak kurang dari 170 pedagang yang biasa berjualan di Jalan Bata harus rela direlokasi, demi proyek ambisius Pemkot Bogor menata kawasan Pasar Bogor. Ada sekitar 56 pedagang eksisting siang dan 114 pedagang malam yang harus pindah lapak.

Pihaknya juga tengah disibukan dengan penataan lantai tiga pasar Bogor yang nantinya akan menjadi lokasi pemindahan para pedagang setelah Jalan Bata selesai disulap jado pusat kuliner.

“Mereka (pedagang, red) setuju sih. Suda sosialisasi,Kita sambil benahi lantai 3 pasar Bogor, untuk trmpat nanti mereka. Anggaran dari kami, akrena program ini sebetulnya sudah lama,” ujarnya.

Mantan ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Bogor ini menambahkan, penempatan di lantai tiga bukan tanpa alasan, sebab berdekatan dengan spot parkir, sehingga memudahkan penjual dan pembeli. “Berbarengan lah selesainya. Sekarang belum kelihatan tertata, tapi 2-3 bulan lagi baru akan kelihatan,” pungkasnya. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *