Ribuan Warga di Bogor Arak Dongdang Berisi Hasil Bumi

by -

METROPOLITAN.id – Beragam kegiatan disuguhkan warga untuk memeriahkan tahun baru Islam 1441 Hijriyah. Warga Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor memilih mengarak dongdang mengelilingi perkampungan.

Mengarak dongdang memang sudah menjadi tradisi rutin yang dilakukan warga Desa Purwabakti. Dongdang yang diarak memiliki berbagai bentuk mirip rumah. Dongdang tersebut berisi hasil bumi yang setelahnya diperebutkan bersama.

Salah seoranf warga, Santoso mengatakan, helaran arakan dongdang ini dilakukan untuk melestarikan tradisi budaya Sunda. Selain itu, kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut tahun baru Islam.

“Acara ini selalu rutin setiap tahunnya. Pengarakan dongdang salah satu seni budaya Sunda, selain itu bentuk syukur pada Allah atas hasil panen yang berlimpah,” kata Santoso, Minggu (01/09).

Sementara itu, Kepala Desa Purwabakti Tajudin Arifin mengaku pengarakan dongdaang ini menjadi acara tahunan yang rutin dilangsungkan setiap bulan Muharam atau tahun baru Islam.

Dalam acara ini, seluruh elemen masyarakat terlibat, mulai dari tingkat RT hingga RW dengan membawa hasil bumi.

ÔÇťAcara ini, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur warga setempat kepada Allah SWT atas keberkahan melimpah, khususnya hasil panen yang diterima,” ungkapnya.

Selain bentuk syukur dan pelestarian budaya, acara ini menjadi ajang untuk meningkatkan silaturahmi antat seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan ini digelar selama dua hari ini dengan dimeriahkan berbagai acara lainnya seperti perlombaan adu bedug, MTQ dan tablig akbar.

“Saya berharap tradisi tahunan ini bisa terus dilestarikan hingga generasi selanjutnya. Jadi tidak hilang dimakam zaman,” tandas Tajudin. (mul/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *