Warga Digembleng Jadi Pengusaha Sablon

by -
PELATIHAN: Sebanyak 20 warga diberikan pelatihan sablon di aula Kecamatan Cigombong.

METROPOLITAN – Untuk mengembangkan potensi warga melalui keahlian sablon, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bogor bersama Pemerintah Kecamatan Cigombong, memberikan pelatihan sablon kepada 20 warga. Pelatihan diadakan di aula Kecamatan Cigombong, selama 20 hari mendatang.

Laporan: Anto

Plt Ekbang Kecamatan Cigombong, Deny Kusnadi, mengatakan, pelatihan ini merupakan program Dinas Ketenagakerjaan yang difasilitasi pemerintah kecamatan. Setiap desa diwakili dua orang ditambah utusan dari UMKM sebanyak dua orang.

“Pelatihnya sendiri kami datangkan dari pengusaha sablon yang telah berpengalaman,” kata Deny. Menurutnya, pelatihan ini untuk memberikan keterampilan wirausaha berupa cetak sablon kepada warga yang belum bekerja, sehingga kedepan diharapkan bisa mereka dapat memiliki usaha sendiri.

“Jika semua berjalan dengan baik maka bisa dipastikan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kecamatan Cigombong,”paparnya.

Deny menjelaskan, selain pelatihan sablon manual juga dilengkapi dengan sablon digital. Sehingga, dapat mudah dipelajari dan dipraktekan langsung. Dirinya berharap, pasca pelatihan ada tindak lanjut dari dinas terkait kepada para peserta.

“Semoga kedepan bukan hanya pelatihan sablon, namun ada program pelatihan servis elektronik, bengkel atau pelatihan lainnya yang dapat meningkatkan ekonomi warga,” ucapnya.

Sementara itu, Endang Yusup warga Kampung Bataalam, Desa Cigombong,mengaku, senang dapat mengikuti pelatihan tersebut. Terlebih, banyak manfaatnya yang bisa dipraktikan dirumah.

“Insyaallah, saya akan membuat usaha sendiri melalui kealihan yang dipelajari disini,” singkatnya.(nto/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published.