Ajak Warga Gotong Royong Ngaspal Jalan Desa

by -

METROPOLITAN— Peningkatan akses infrastruktur sukses terrealisasi di wilayah Desa Gobang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Adapun, giat yang melibatkan warga desa dalam bergotong royong itu direalisasikan guna pengaspalan hotmix jalan desa (jaldes) dan jalan lingkungan (jaling) di empat lokasi berbeda.

Mengangkat tema ‘Desa Membangun Indonesia’, pengaspalan hotmix yang direalisasikan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) bersama warga sukses merampung penegerjaan tersebut. Pj Kepala Desa Gobang Mulyadi menuturkan, pembangunan akses jalan guna memudahkan masyarakat desa dalam beraktifitas setiap hari.

“Termasuk mempercepat jarak tempuh saat warga hendak menuju ke fasilitas umum. Khususnya lagi, layaknya akses infrastruktur guna menggenjot sektor perekonomian masyarakat desa, ” tuturnya, kemarin.

Ia menjelaskan, pembangunan yang sudah rampung belum lama ini, sudah di bahas pada musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) bersama jajaran aparatur desa, warga, tokoh masyarakat, BPD, LPM, para Ketua RT/RW, dan Kepala Dusun.

“Hasil musrenbang menghasilkan beberapa putusan sesuai kebutuhan di lingkungan warga yang saat ini (2019, red) dan Alhamdulilah sukses direalisasikan, ” katanya.

Adapun sebagai penanggung jawab jalannya roda pemerintahan desa, ia berjanji akan lebih menekankan transparansi agar lembaga desa (BPD, LPM dan TPK dapat berfungsi secara optimal maksimal sesuai tupoksinya.

“Semua harus transparan. Saya juga akan mengupayakan peningkatan hubungan sinergitas dengan lembaga dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Begitu juga sinergi dengan tiga pilar di tingkat desa antara kades, babinsa dan babinkamtib, ” bebernya.

Ia menjelaskan, pembangunan ini dibiayai program Dana Desa (DD) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019. Adapun, lokasi pertama yaitu hotmix jaldes di Kampung Warung Asong RT 04,05/04.

“Sedangkan jaldes di RT 08/01 di realisasikan sepanjang 135 meter dengan lebar jalan tiga meter, ” terangnya.

“Untuk realisasi jaling RT 01/05 dibagi menjadi dua jalur. Jalan menuju SDN 03 Gobang sepanjang 250 meter, dan jalur bawah menuju Kampung Kebon Kelapa sepanjang 400 meter persegi, ” tandasnya. (yos/b/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *