Asyik… Situ Cilimus bakal Dipercantik

by -

METROPOLITAN – Danau alias Situ Cilimus berada di wilayah RW 09, Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor. Informasi terhimpun, kala itu keberadaan situ tersebut biasa digunakan warga sebagai sarana penampung air untuk mengaliri lahan pertanian dan kolam ikan milik warga. Keberadaannya pun sangat mambantu warga untuk ketersediaan air.

Kendati begitu, akhir-akhir ini keberadaan Situ Cilimus tidak sebaik dahulu kala. Kemarau berkepanjangan dan gejala alam lain turut memengaruhi kondisi danau, terutama debit air yang sangat berkurang. Sehingga warga sekitar kesulitan mengambil manfaat dari keberadaan air di situ tersebut.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Rancabungur Ra Mubarok mengatakan, perbaikan danau tersebut diinisiasi BBWS Ciliwung-Cisadane, Kodam III/Siliwangi beserta unsur Pemerintah Kecamatan Rancabungur dan Karang Taruna Kecamatan Rancabungur yang didukung penuh oleh kepala desa Rancabungur.

“Tujuannya untuk menyelamatkan eksistensi Situ Cilimus dengan mencanangkan pemeliharaan secara nyata dan konsisten. Hal ini agar danau tersebut dapat kembali berfungsi menopang kebutuhan air masyarakat sekitar,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Baca Juga  Ronda Sekalian Bubarkan Balap Liar

Semoga dengan kerja sama banyak pihak, terutama dukungan dari pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Desa Rancabungur, sambungnya, Situ Cilimus Rancabungur dapat berfungsi kembali sehingga bermanfaat bagi masyarakat Rancabungur. (yos/b/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *