Bima Sambut Kepala Daerah Penerima Natamukti 2019

by -
FOTO BERSAMA: Wali Kota Bogor, Bima Arya, foto bersama dengan wali kota dan bupati penerima penghargaan Natamukti 2019 dalam acara Gala Dinner di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Minggu (6/10) malam.

METROPOLITAN – Walikota Bogor, Bima Arya menyambut walikota dan bupati penerima penghargaan Natamukti 2019. Penyambutan dilakukan melalui acara Gala Dinner yang berlangsung di Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Minggu (6/10) malam.

Dalam sambutannya, Bima mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan di Kota Bogor. Pada kesempatan tersebut, ia mengatakan, Prof. Hermawan Kartajaya atau Chairman International Council for Small Business (ICSB) Indonesia merupakan sosok guru marketing yang luar biasa. Bahkan, dia sempat berpesan ketika ingin dipilih sebagai kepala daerah kuasailah perempuan, anak muda dan netizen. “Dan pesan beliau ini berhasil mengantarkan saya menjadi Wali Kota Bogor,” katanya.

Berbicara pengembangan UMKM di Kota Bogor, dijelaskan Bima, ke depan pihaknya akan berkolaborasi dengan berbagai sektor usaha dan pelaku ekonomi dengan melakukan percepatan dan merancang regulasi. Sebab, pengembangan UMKM ini bisa berjalan jika berkolaborasi, salah satunya dengan ICSB.

“Jadi, kita harus merangkul semuanya. Pelaku online, digital ekonomi, asosiasi-asosiasi, jaringan internasional agar bisa berkembang,” ucap dia.

Baca Juga  UMKM Bogor Punyai Selai Kualitas Terbaik

Perkembangan UMKM di Bogor, sambung dia, semakin baik dan banyak UMKM yang naik kelas. Bahkan, semakin banyak yang siap ekspor.

“Saya berharap kedepan pelaku UMKM tidak hanya mengandalkan fasilitas dari pemerintah saja, tapi bisa saling berbagi pengalaman dan motivasi,” ujarnya.

Chairman ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya menyebutkan, ada empat pilar yang dapat menguatkan UMKM. Pertama, kampus harus terlibat, terutama penelitiannya. Kedua, pembina. Bisa saja dosen dan akademisi, pembina ini nantinya memberikan coaching kepada pelaku UMKM.

Ketiga, korporasi yang punya kepedulian membina UMKM, seperti BUMN/BUMD dan sektor lain. Keempat, Policy Maker (Pembuat Kebijakan atau pemerintah).

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Luhur Pradjarto, mengucapkan selamat kepada walikota dan bupati yang akan menerima penghargaan. Menurutnya, penghargaan ini menjadi titik awal dan pemacu untuk bisa memberdayakan UMKM.

Baca Juga  UMKM Jadi Andalan Kota Bogor untuk Serap Tenaga Kerja

“ICSB ini sebagai titik masuk, sehingga nantinya UMKM bisa berdaya saing di tingkat internasional,” katanya.(*/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *