Butuh Tiga Ribuan, Usulan CPNS Cuma 298

by -

METROPOLITAN – Rencananya Pemerintah Pusat akan kembali membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 pada akhir bulan ini, untuk formasi di pusat dan pemerintah daerah. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sendiri sudah mengajukan usulan jumlah sebanyak 298 formasi, meskipun jumlah itu nyatanya hanya menutupi jumlah PNS Kota Bogor yang pensiun pada 2019, dari kebutuhan 3000-an aparatur.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor Taufik mengatakan, jumlah ideal kebutuhan Pemkot Bogor sebetulnya ada di angka 3000-an formasi, melihat dari akumulasi ‘kehilangan’ PNS yang pensiun atau meninggal dunia sejak lima tahun lalu. Saat diberlakukan moratorium penerimaan CPNS oleh pemerintah pusat.

Namun, sejak penerimaan tahun lalu pun, jumlah formasi yang diberikan setara dengan jumlah PNS yang pensiun pada tahun yang sama, atau zero growth. Sehingga usulan kuota CPNS Kota Bogor pun dibuat dengan angka yang sama meskipun hingga saat ini belum ada kepastian kuota pasti berapa yang bisa diambil Pemkot Bogor.

Baca Juga  1.865 Peserta CPNS di Kabupaten Bogor Gugur

Sampai saat ini, baik Kemenpan-RB (Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, red) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum juga memberikan gambaran dan instruksi. Ia juga belum bisa memastikan penerimaan diadakan di akhir Oktober mengingat berbagai hal, diantara soal politis alias menunggu pelantikan presiden.

“Itu mungkin saja. Jadi ya belum ada kepastian soal usulan itu. Yang pasti, kami sih berharap formasi yang diterima nanti lebih tinggi dari usulan, misalnya sepuluh persen dari usulan. Setelah lima tahun kita akumulasi, kebutuhan 3 ribuan, sedangkan pusat cuma sanggup zero growth, mau nggak mau minus terus,” katanya saat ditemui Metropolitan di Botani Square, kemarin.

Padahal, setiap tahun pasti ada PNS yang pensiun namun tidak ada penambahan secara jumlah. Berbagai pertimbang disebut-sebut jadi alasan, misalnya kekuatan APBN, kajian hingga rencana kedepan untuk memperbanyak Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seperti porsi CPNS untuk tahun 2019, dari 100 persen penerimaan CPNS di beberapa daerah, porsinya 70 persen untuk PPPK sedangkan 30 persennya untuk CPNS.

Baca Juga  Penjelasan Peserta yang Tidak Lolos SKD CPNS Tetapi Masih Ikut SKB

Sejauh ini untuk usulan 298 formasi yang diajukan pemkot, sambung dia, porsi paling besar dialokasikan untuk sektor kesehatan, pendidikan, tenaga teknis seperti hukum, administrasi, perencanaan hingga pegawai kelurahan.

“Ya kalau lihat usulan kita yang 298 formasi, ya sekitar 100-an lebih itu PPPK, baik itu tenaga kesehatan, teknis. Kita lihat nanti usulan kita berapa yang diberikan pusat,” imbuh mantan kepala bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bogor itu.

Hingga saat ini, jumlah PNS yang ada di lingkungan Pemkot Bogor berjumlah 7.151 orang. Menilik dari Angka Beban Kerja, jumlah PNS keseluruhan yang dibutuhkan mencapai 12.572 orang. Sehingga ada ‘kekosongan’ kurang lebih 5.638 pegawai, hasil penghitungan ABK dikurangi pegawai yang ada, ditambah PNS yang pensiun pada 2019. (ryn/c/yok)

Baca Juga  Pemkot Bogor Raih Dua Penghargaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *