Ciomasrahayu Diguyur Bantuan Program Kotaku Rp620 Juta

by -123 views

METROPOLITAN – Atasi pemukiman kumuh, Pemerintah Desa Ciomasrahayu, Kecamatan Ciomas mendapat bantuan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Dinas Perumahan Kawasan Pemukimanan dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor senilai Rp620 juta.

Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Desa Ciomasrahayu, Hidup mengatakan, se Kabupaten Bogor ada delapan Ddsa yang mendapatkan bantuan Program Kotaku, salah satunya Desa Ciomasrahayu. Untuk penanganan pemukiman kumuh, difokuskan di empat RW diantaranya pengerjaan betonisasi jalan, rambat beton, drainese u-ditch dan drainase batu belahan. “Saat ini progres pengerjaan baru 55 persen dengan melibatkan swadaya masyarakat,” ujarnya.

Hidup menambahkan, Program Kotaku sangat membantu masyarakat Ciomasrahayu. Yang tadinya drainase kotor, banyak sampah sekarang bersih dan tertata dengan baik. “PR ke depan, kita usulkan pembangunan IPAL dan MCK. Sehingga limbah air rumah tangga dan saluran tinja tidak langsung disalurkan ke kali,”katanya.

Baca Juga  Pilkada Bogor Jadi Ajang Judi

Sekretaris Desa Ciomasrahayu, Selli Silihwati menjelaskan, bantuan program Kotaku dari DPKPP Kabupaten Bogor guna mengetaskan persoalan pemukimanan kumuh di desanya. “Harapan saya¬† dengan program kotaku wilayah yang menjadi zona merah (sasaran) dapat mengubah menjadi kawasan tidak kumuh dan masyarakat dapat mengubah pola hidup yang lebih baik dari semua sektor,” tukasnya. (ads/b/els)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *