Empat Warga Cileungsi Selamat dari Wamena

by -
DIJEMPUT: Tim Baznas Jawa Barat menyam-but warga asal Jawa Barat dari Wamena, Papua, termasuk empat di antaranya warga Desa Babakanday-euh, Kecamatan Cileungsi

METROPOLITAN – Empat warga Kabupaten Bogor yang menjadi korban bencana sosial di Wamena, Papua, dipulangkan Baznas Kabupaten Bogor. Warga asal Desa Babakandayeuh, Kecamatan Cileungsi tersebut dipulangkan dengan menggunakan pesawat komersil dari Papua menuju bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Wakil Ketua I Baznas Kabupaten Bogor, Ubaidillah MZ, menjelaskan bahwa Baznas Kabupaten Bogor memulangkan pengungsi lantaran para pengungsi menginginkan pulang dan diakomodir oleh dinas sosial Provinsi Jawa Barat. “Mereka satu keluarga yang terdiri dari dua orang anak, ibu dan adik ipar suami,” katanya saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Kedatangan para korban bencana sosial, menurut Ubaidillah akan disambut oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di rumah dinasnya yang berada di Bandung. Setelah itu barulah para korban dijemput oleh perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Bogor dan keluarganya. “Semua biaya akan ditanggung Baznas Kabupaten Bogor sepenuhnya. Untuk keberangkatan rombongan ke Bandung pun akan dibiayai oleh kami,” jelasnya.

Adapun empat warga Kabupaten Bogor itu atas nama Kontionus Wenda (29), Yuliana Rahmawati (40), Yumina Ance Wenda (2) dan Khatnis Aurora Wenda (5). Ubaidillah juga menegaskan jika memang korban bencana tersebut membutuhkan modal untuk menyambung hidup kembali di Kabupaten Bogor, Baznas Kabupaten Bogor siap membantu. “Tapi nanti akan kita lihat dulu, apakah memang membutuhkan bantuan atau gimana, karena suaminya kan masih ada di Wamena. Kalau dia (suami) masih bisa menafkahi ya alhamdulillah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinsos Jawa Barat Dodo Suhendar merilis 68 nama warga Jawa Barat yang membutuhkan bantuan untuk pulang ke kampung halamannya. Laporan yang langsung disampaikan ke Ridwan Kamil itu langsung ditindaklanjuti dengan keberangkatan tim Dinsos Provinsi, Jabar Quick Respon dan Baznas Provinsi ke Sentani dan Wamena. Selain datang untuk menjemput pulang, tim Provinsi Jawa Barat juga menyalurkan bantuan kepada para korban bencana sosial yang ada disana. “Alhamdulillah (pengungsi) sehat. Ada partisipasi bantuan dari masyarakat Jabar di (berbagai wilayah) Papua, terutama makanan bagi mereka yang mengungsi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dodo menjelaskan bahwa rombongan tiba di bandara Soekarno-Hatta kemarin pada pukul 13.00 WIB dan langsung dibawa ke Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, dan dipulangkan ke rumahnya masing-masing pada pukul 19.00 WIB. Sementara itu, 68 orang yang dipulangkan ke tempat asalnya itu merupakan bagian dari total seribu lebih warga Jabar yang ada di Papua. Kurang lebih seribu warga Jabar itu memiliki beragam pekerjaan, mulai dari PNS, TNI/Polri, pedagang, hingga sopir. (cr2/c/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *