Janda Tua di Bogor Tinggal Bersama 7 Anak Dan 4 Cucu Di Gubug Reot

by -

METROPOLITAN.id – Seorang janda berusia 60 tahun di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Ipat, terpaksa tinggal bersama 7 anak dan 4 cucunya di gubuk reot.

Kondisi ekonomi menjadi alasan keluarga tersebut tinggal berdesakan dengan kondisi memprihatinkan di Kampung Legok Rati RT02/03, Desa Tajur, Kecamatan Citeurep.

Menurut Ipat, rumah tersebut sudah dua tahun dalam kondisi memprihatinkan. Atapnya nyaris ambruk lantaran tiang penyangganya sudah lapuk di makan usia.

Tak hanya itu, dinding yang terbuat dari bilik bambu nampak sudah bolong di berbagai sisi. Ipat pun mencoba menutupnya dengan kain bekas.

Saat hujan tiba, kondisi makin mengkhawatirkan. Air masuk ke dalam rumah lantaran bagian atapnya juga banyak yang bolong. Saat seperti ini, Ipat dan anak-anaknya memilih keluar rumah terlebih dulu khawatir rumahnya yang sudah reot ambruk.

Ipat berharap, kondisi memprihatinkan ini menjadi perhatian pemerintah.

“Kalau hujan saya sama anak-anak saya keluar, karena takut ambruk. Di belakangn juga banyak pohon-pohon besar, ngeri kalau hujan. Mudah-mudahan ada bantuan pemerintah,” harap Ipat.

Anak keenam Ipat, Yeni (25) menceritakan, ada tiga kamar yang bisa ditempati untuk tidur. Satu kamar dipakai sang ibu, sementara dua kamar lainnya digunakan dirinya dan adik-adiknya. Sisanya, menempati ruang tamu karena kamar yang ada tak cukup untuk menampung.

“Untuk kebutuhan sehari-hari ada kakak yang bekerja di Jakarta sebagai buruh bangunan. Soalnya bapak sudah meninggal terlebih dulu,” ungkap Yeni.

Menurutnya, pihqk desa sudah melihat kondisi runahnya dua tahun lalu. Namun hingga saat ini, belum ada informasi apakah rumah tersebut akan diperbaiki melalui program Rutilahu atau tidak

Terpisah, Sekretaris Desa Tajur, Lena Ismawati mengaku rumah yang memprihatinkan itu sudah diajukan pembangunannyam. Namun baru bisa direalisasikan pada 2020.

“Sudah diajukan, untuk realisasinya masuk data di tahun 2020,” pungkasnya. (mul/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *