Keset asal Pondokudik Booming di Luar Kota Bogor

by -
SEMRINGAH: Seorang perintis usaha keset di Desa Pondokudik saat menerima penghargaan dari bupati Bogor, belum lama ini.

METROPOLITAN – Industri rumahan produksi keset salah satu dari sekian banyak potensi yang ada dan terus dikembangkan warga Desa Pondokudik di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Bahkan hasil pembuatan keset yang sudah ada sejak sepuluh tahun silam itu, sudah berhasil menembus pangsa pasar di kota besar di Indonesia, seperti Kota Surabaya, Medan dan kota lain.

Alhasil, produksi keset itu berhasil melambungkan nama Pemdes Pondokudik di daftar nama teratas dan menjadi yang terbaik di Bumi Tegar Beriman, khususnya di bidang UMKM.

Kasi Ekbang Desa Pondokudik Ida Supriadi mengatakan, berkat potensi tersebut berbagai penghargaan pun diterima pelaku UMKM, seperti yang diterima Mulyadi perintis usaha industri pembuatan keset.

”Mulai biaya ibadah umrah gratis yang akan digunakan November 2017 mendatang, laptop hingga pemberian satu unit mesin jahit sudah diterima pengelola usaha yang kini diberi nama Mutiara Keset,” ujarnya kepada Metropolitan.

Keset yang dipasarkan sudah pula mendapat penghargaan langsung dari bupati Bogor. Dan saat ini produksi itu dipasarkan dengan harga pasaran Rp5.000 hingga Rp12.000 per buahnya.

”Dengan demikian, sangat diharapkan potensi lainnya di Desa Pondokudik dapat semakin meningkat dan berkembang,” harapnya.

Selain pembuatan keset, lanjutnya, potensi lain di Desa Pondokudik yakni pembenihan ikan lele, gurame, patin, ikan hias dan hasil pertanian jambu biji.

”Semoga ke depan hasil potensi ini semakin baik,” pungkasnya. (yos/b/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *