Lantik 12 Wamen, Jokowi Balas Budi

by -
FOTO BERSAMA: Sebanyak 12 wakil menteri foto bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin usai dilantik.

METROPOLITAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi mengumumkan wakil-wakil menteri (wamen) dalam Kabinet Indonesia Bersatu di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10) siang. Para wamen itu sudah dipanggil terlebih dahulu pada pagi tadi.

Jokowi dan Ma’ruf Amin mengumumkan seraya duduk di tangga Istana Kepresidenan. “Siang hari ini saya dan Bapak Wakil Presiden ingin mengenalkan wakil menteri yang sudah kita pilih,” tutur Jokowi. “Menurut saya, profilnya sangat-sangat bagus dalam rangka memperkuat Indonesia maju,” lanjutnya.

Wamen yang baru saja diumumkan berasal dari berbagai kalangan. Ada yang merupakan kader partai politik, ada pula dari kalangan profesional. Ada satu wamen asal Papua, yakni John Wempo Wetipo. Ia merupakan mantan bupati Jayawijaya. Sempat ikut dalam pemilihan gubernur Papua, namun gagal.

Kini ia dipercaya menjadi wamen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Wempi bakal mendampingi Basuki Hadimuljono yang lebih dulu dilantik sebagai menteri oleh Jokowi, beberapa hari lalu.

Ada pula relawan tulen, yakni Budi Arie Setiadi. Ia merupakan pendiri Pro Jokowi (Projo) yang membantu kerja-kerja pemenangan Jokowi sejak pilpres 2014 lalu. “Dia dipercaya menjabat sebagai wakil menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi mendampingi Abdul Hakim Iskandar,” kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Kursi wamen terbagi atas tiga klaster, yakni profesional, parpol dan relawan. Khusus parpol, yang mendapat kursi wamen adalah PDIP, Golkar, PSI, Perindo dan PPP.

Jika melihat komposisi pendukung, masih ada Hanura, PKPI dan PBB yang tidak mendapat jatah wamen. “Pak Jokowi dengan hak beliau cukup. Cukup. Saya pikir sudah cukup,” kata Fadjroel.

“Mudah-mudahan dengan ini mereka bisa bekerja sebaik-baiknya. Kemarin dalam rapat perdana beliau mengatakan juga segera bekerja, tidak ada lagi waktu berdiam, apalagi memperlambat,” imbuhnya. (dtk/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *