Pemdes Cibalung Siaga Bencana

by -

METROPOLITAN – CIJERUK Pemerintah Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, mengumpulkan aparatur pemerintah desa yang berpotensi terkena dampak bencana alam. Sekretaris Desa Cibalung, Saepul Rahman mengatakan, dalam rakor ini pihak desa meminta dan mengimbau masyarakat untuk waspada dan tanggap bencana.

Khusus untuk aparatur Pemdes, dalam setiap kejadian musibah bencana semua harus turun ke lapangan agar masyarakat yang terkena bencana dapat langsung ditangani dengan cepat. “Kami minta semua pihak terutama pemerintah desa, ketua RT/RW, harus bertindak cepat dengan cara melaporkan segala sesuatu yang terjadi disetiap wilayah. Selanjutnya apabila ada kejadian bencana harus membantu atau berpartisipasi dalam penangananya,” katanya.

Ia meminta masyarakat yang rumah atau tempat tinggalnya di tebingan untuk waspada apabila turun hujan. Sebab, rumah yang berdekatan atau di tebingan sangat rawan terkena longsor sehingga perlu diwaspadai. Selain itu pohon pohon yang tinggi dan dianggap membahayakan agar dipangkas secepat mungkin untuk menghindari rumah tertimpa pohon roboh.

“Kita lebih baik mencegah atau antisipasi dulu sebelum jatuh korban. Semuan imbauan ini akan diteruskan ke masyarakat melalui ketua RT/RW. Sebagai aparatur pemerintah, kami juga akan bersiaga 24 jam. Untuk penanganan cepat, saya meminta kepada aparatur agar alat komunikasi berupa HP harus standby 24 jam,” ujarnya. (nto/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *