Pertahankan Jumsih di Tiap RW

by -
BEBERSIH: Warga bersama aparatur Desa Puraseda kerja bakti bebersih lingkungan.

METROPOLITAN – Banyak cara untuk merealisasikan kegiatan positif. Salah satunya yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Puraseda di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Setiap pekan, pada Jumat, jajaran aparatur desa bersama warga menggelar bebersih lingkungan. Sekretaris Desa (Sekdes) Puraseda Asep menjelaskan, kegiatan tersebut nantinya akan digelar di setiap lingkungan RW di Desa Puraseda.

“Tujuan dilaksanakan agenda Jumsih itu untuk mencegah adanya sarang nyamuk dan mewujudkan wilayah desa yang asri. Dengan lingkungan bersih diharapkan kesehatan bisa terjaga dengan baik. Selain itu, gerakan bebersih ini sekaligus membiasakan warga untuk olah tubuh agar lebih aktif bergerak,” ucapnya.

Ia berharap di pekan-pekan selanjutnya warga di setiap RW ikut dalam Jumsih ini.

”Untuk kembali menggelorakan semangat gotong-royong juga. Bisa menjadi wadah silaturahmi antarwarga juga,” imbuhnya.

Di lain hal, agenda pengajian rutin juga diselenggarakan setiap bulan. Tujuannya guna meningkatkan ukhuwah iman Islam untuk warga desa.

”Biasanya digelar di aula desa. Materi penceramahnya diisi ulama desa setempat. Jamaahnya kaum bapak, pemuda dan remaja,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini kegiatan itu sudah berjalan sejak lama.

”Ini merupakan hal positif. Untuk itu tetap dijaga. Menjadi wadah silaturahmi juga,” katanya.

Sementara untuk pengajian di tingkat lingkungan RT/RW juga dilaksanakan. Khususnya pengajian ibu-ibu BKMT.

”Semoga dengan adanya acara keagamaan yang rutin ini menjadikan Desa Puraseda lebih baik dan terhindar dari hal yang tak diinginkan,” tandasnya. (yos/b/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *