Realisasikan Program Pancakarsa

by -

METROPOLITAN – Lima program utama Bupati Bogor, yakni PANCAKARSA di realisasikan di 40 wilayah kecamatan. Salah satunya, di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Pejabat Sementara Kepala Desa (Pjs Kades) Warujaya Ismail mengaku bersyukur atas keberlangsungan realisasi yang sudah dimatangkan ini. “Khusus untuk Desa Warujaya, program ini diserap guna pembukaan jalan baru sepanjang 90 meter di RT 03/01. Ini untuk jalan desa (jaldes),” tuturnya kepada Metropolitan.

Sentara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Warujaya, Robby Imanta menambahkan, pembukaan jaldes ini salah satu program yang masuk dalam Bogor Membangun yang meliputi pemanfaatan infrastruktur jalan dengan prioritas betonisasi.

“Selain itu, Bogor Cerdas yang meliputi sarana dan operasional pendidikan gratis melalui Kartu Bogor Cerdas, sertifikasi daerah dan insentif untuk guru honorer, termasuk guru Madrasah dan guru PAUD masuk juga dalam program ini.

“Sementara, program lainnya yaitu, Bogor Maju yang meliputi peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dalam rangka optimalisasi layanan public, penciptaan iklim investasi yang nyaman dalam rangka perluasan lapangan kerja, penanggulangan masalah pengangguran dan kemiskinan melalui pengembangan permodalan dan pemasaran bagi wirausaha baru, dan UMKM, serta pengembangan industri pariwisata berbasis masyarakat, dan pemberdayaan petani dengan bantuan permodalan melalui kartu tani, “ujarnya.

Selanjutnya Bogor Sehat yang meliputi, pelayanan kesehatan gratis melalui Kartu Bogor Sehat, pembangunan dan peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan, pengembangan puskesmas rawat inap di setiap, dan peningkatan kesejahteraan pelaku layanan sosial dan kesehatan.

“Kemudian Bogor Beradab, meliputi peningkatan bantuan operasional pesantren, masjid, mushola, ormas islam dan majelis ta’lim dan mengoptimalkan islamic center, peningkatan Insentif bagi para pelaku pembangunan RT/RW, amil, linmas, kader posyandu, marbot dan guru ngaji dan peningkatan Kerukunan hidup antar umat beragama, ” tandasnya. (yos/b/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *