Sumber Daya Alam Jadi Andalan

by -

METROPOLITAN – Babakan Sadeng satu dari delapan desa di Kecamatan Leuwisadeng, Bogor. Wilayah ini, kaya akan sumber daya alamnya (sda). Khususnya, disektor pertanian yang masih bertahan hingga saat ini, dan tetap dipertahankan sejak puluhan tahun silam. Bahkan, aset tersebut menjadi mata pencarian warga desa.

Pjs Kepala Desa (Kades) Babakan Sadeng Uus Rusmana menjelaskan, wilayah tersebutmemiliki potensi terbaik di bidang pertanian. Saat ini dari total area 247 hektare, tak kurang dari setengah wilayahnya hamparan ladang pertanian. Biasanya, petani setempat bercocok tanam seperti padi, palawija, jagung, umbi-umbian dan singkong.

“Insha Allah pemerintah desa (pemdes) dan para petani akan tetap mempertahankan sektor pertanian yang ada. Karena ini salah satu mata pencarian utama, ” paparnya lagi.

Adapun, tingkat kesuburan tanah di desa setempat begitu tinggi dan hasil panen petani pun selalu bagus. Bahkan, pertanian ini menjadi icon desa.

Harga palawija di sini cukup terjangkau. Karena itu selalu terjual keras di pasaran, ” ujarnya.

Ia menjelaskan, seperti bayam dan kangkung dibanderol per ikatnya hanya Rp500 hingga Rp600.

Alhamdulillah, hasil panen ini membawa warga desa menjadi mandiri. Saya harap pertanian di Desa Babakan Sadeng terus berkembang dan semakin maju di tahun – tahun selanjutnya, ” harapnya. (yos/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *