Wajah Kota Siap Berubah

by -

METROPOLITAN – Revisi rancangan Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW) Kota Bogor 2019-2024,  mulai memasuki tahap akhir pembahasan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Revisi tersebut, sedikitnya membahas sejumlah perubahan rancangan Kota Bogor dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Pengembang Wilayah, pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Feri Firmansyah, menjelaskan, saat ini draft RTRW Kota Bogor tengah menunggu surat rekomendasi dari gubernur Jawa Barat, setelah selesai dibahas Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Pemprov Jabar Kamis (03/10) kemarin.

“Kalau sudah mendapatkan surat rekomendasi gubernur Jawa Barat, nantinya akan diteruskan ke Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Republik Indonesia, untuk dimintai persetujuan subsansi,” kata Fery,

Ia memprediksi, rekomendasi gubernur bakal rampung pada Kamis (10/10) atau Jumat (11/10) mendatang.

“Pekan kemarin draft revisi RTRW kita sudah selesai di plenokan BKPRD. Untuk tahap selanjutnya, kita sedang menunggu rekomendasi dari gubernur Jawa Barat. Dari situ baru kita ajukan ke pihak Kementerian ATR-RI,” bebernya.

Fery berharap, pekan ini hingga pekan depan dua proses tersebut dapat selesai agar akhir Oktober ini draft tersebut bisa langsung diberikan keDPRD Kota Bogor, untuk kemudian dibuatkan Peraturan Daerah (Perda).

“Kami menargetkan draft bisa selesai tahun ini, agar di waktu bersamaan RTRW baru Kota Bogor bisa diresmikan dan langsung diterapkan,” bebernya.

Tak hanya itu, masuknya sejumlah kebijakan dan program dari pemerintah pusat dan Pemprov Jabar, juga disinyalir sebagai salah satu alasan kuat, mesti disegerakannya revisi penataan Kota Bogor. Lantaran RTRW sendiri, bersifat harmonisasi dan singkronisasi kebijakan untuk pemerintah daerah.

“Urgensi revisi RTRW sebenarnya ada pada sejumlah kebijakan yang harus kita akomodir. Seperti kebijakan pusat, dobel track Bogor-Sukabumi, Tol Bocimi, LRT. Itu kan sejumlah proyek nasional yang perlu kita akomodir, ada juga proyek Provinsi Jawa Barat, serta visi misi wali kota terpilih,” tutupnya. (ogi/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *