Warga Kompak Bangun Infrastruktur

by -

METROPOLITAN – Guyub dan rukun, itulah warga Desa Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Mereka berbaur ketika ada pembangunan infrastruktur. Sekretaris Desa Leuwisadeng Bahtiar mengaku bersyukur atas kekompakan warga.

“Alhamdulillah dengan guyub menjadi pekerjaan lekas selesai dan menjadi wadah silaturahmi, ” tuturnya.

Ia menjelaskan, seperti pengaspalan jalan desa (jaldes) di Kampung Legokmanggu, RT 01/05, sepanjang 340 meter. “Di lokasi tersebut warga turun dalam pengerjaan,” paparnya.

Bahtiar menambahkan, selain hotmiks pengaspalan, betonisasi di Kampung Baragejet juga dikerjakan sepanjang 850 meter.

“Di lokasi itu direalisasikan untuk jalan lingkungan (jaling) selebar satu meter, ” terangnya.

Lokasi terakhir yakni pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Sindangsari setinggi tujuh meter dengan panjang 30 meter. “Untuk tiga pembangunan fisik infrastruktur ini dibiayai Dana Desa (DD) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019,” bebernya.

Selain ucapan terima kasih kepada warga, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang sudah membiayai kegiatan tersebut.

“Selain fisik infrastruktur, permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) juga diserap untuk peningkatan perekonomian, ” lanjutnya.

Sementara itu, modal yang diberikan guna perdagangan yakni Rp40 juta. Jadi seluruh biaya DD I seniali kurang lebih Rp300 juta.

“Tentu kami harap seluruh pembangunan yang terealisasi bisa memberi manfaat bagi seluruh warga yang berdomisili di 51 RT, delapan RW dan di empat kepala Dusun, ” pungkasnya. (yos/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *