3 Tokoh Bogor Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

by -
SERIUS: Wali Kota Bogor Bima Arya bersama para mahasiswa membacakan pernyataan sikap yang mengusulkan tiga tokoh Kota Bogor dijadikan pahlawan nasional.

METROPOLITAN – Pering­atan Hari Pahlawan Nasional di Kota Bogor diisi berbagai kegiatan. Selain upacara dan tabur bunga di Tempat Makam Pahlawan (TMP) Dreded, juga diwarnai orasi kepahla­wanan hingga deklarasi dari mahasiswa yang menyatakan sikap kepada pemerintah pu­sat untuk menganugerahi gelar pahlawan untuk tiga tokoh asal Bogor.

Orasi kepahlawanan dan de­klarasi itu digelar di Tugu Kujang Bogor, Minggu (10/11) malam, yang digagas organisasi maha­siswa kelompok Cipayung Plus.

Di antaranya Himpunan Ma­hasiswa Islam (HMI), Pergera­kan Mahasiswa Islam Indone­sia (PMII), Perhimpunan Ma­hasiswa Katolik Republik In­donesia (PMKRI) dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Kemudian Gerakan Maha­siswa Nasional Indonesia (GMNI), Kesatuan Aksi Ma­hasiswa Indonesia (KAMMI), Ikatan Mahasiswa Muham­madiyah (IMM) dan Kesa­tuan Mahasiswa Hindu Dhar­ma Indonesia (KMHDI).

Baca Juga  Persatuan dalam Bingkai Keberagaman

Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Bogor Bima Arya yang mengikuti jalannya kegiatan dari awal hingga akhir acara.

Ada empat poin dalam per­nyataan sikap yang dibacakan mahasiswa dan disaksikan Bima Arya.

Pertama, mende­sak Presiden Joko Widodo dan pemerintah pusat agar se­gera menetapkan dan menganugerahi pahlawan asli Bogor, yakni KH Sholeh Iskandar, KH Abdullah Bin Nuh dan KH Tubagus Muham­mad Falak sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesia yang telah direkomendasikan beberapa tahun ke belakang.

Kedua, mendesak pemerin­tah pusat maupun pemerin­tah daerah agar memerhatikan, membina dan menyejahtera­kan para veteran yang telah berjuang untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Ketiga, mendorong pahlawan Bogor agar dimasukkan mata pela­jaran atau kurikulum muatan lokal di setiap lembaga pen­didikan yang ada di Bogor.

Baca Juga  Pelantikan Rayon PMII Unusia Jadi Ajang Berbagi

Terakhir atau keempat, mengajak Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor mem­bentuk tim atau panitia kecil bersama kelompok Cipayung beserta elemen masyarakat Bogor dalam mendorong te­realisasinya tiga tokoh Bogor menjadi pahlawan nasional. (*/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.