Akses Jalan Terputus, Jembatan Sungai Pakua Ambruk Diterjang Banjir

by -

METROPOLITAN – Jembatan Sungai Pangkua, Nagari Pakan Rabaa Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, ambruk diterjang banjir, Minggu (24/11/2019) malam. Kepala BPBD Solok Selatan, Riki Amran mengatakan sebelum diterjang banjir, jembatan yang menghubungkan Jorong Sungai Pangkua ke Pakan Rabaa rusak.

“Banjir kemarin malam sekitar pukul 21.30 WIB. Akses jalan putus sehingga warga harus memutar 10 kilometer dari Sungai Pangkua ke Pakan Rabaa,” kata Kepala BPBD Solok Selatan, Riki Amran yang dihubungi Kompas.com, Senin (25/11/2019) pagi.

Riki mengatakan ada sekitar 5.000 warga yang terdampak akibat ambruknya jembatan utama di daerah tersebut. Jembatan Sungai Pangkua KPGD kerap dilalui warga untuk menuju SMAN 5 Solsel MTsN Pakan Rabaa, 2 Sekolah Dasar Negeri, serta 1 Kantor Urusan Agama.

“Ada sekitar 1.500 pelajar dan 3.500 warga, karena harus memutar jalan melalui Balun hingga sepanjang 10 kilometer. Ini tentu sangat mengganggu, apalagi bagi anak sekolah,” ucap Riki.

Baca Juga  Sukamaju Pasca Banjir Bandang

Dikatakan Riki, untuk mengatasi hal itu, pihaknya melayangkan surat ke Balai Jalan Wilayah III Padang untuk meminjam jembatan darurat agar akses jalan di daerah itu tidak terganggu.

“Kita mohon peminjaman jembatan darurat kepada Balai Jalan wilayah III Padang. Ini sebagai langkah antisipasi untuk akses jalan warga,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *