Camat Cijeruk Minta BUMDes Kelola Wisata

by -

METROPOLITAN – CIJERUK Kawasan Cijeruk yang berada di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, masih belum memiliki akses jalan layak. Padahal, Selatan Kabupaten Bogor itu memiliki potensi besar dari sektor pariwisatanya karena berada di kaki Gunung Salak. Melihat hal itu, Camat Cijeruk, Hadijana tak mengelak, akses jalur wisata menuju kawasan Cijeruk masih buruk. Padahal, dia melihat potensi wisata kecamatan itu cukup potensial.

“Banyak lokasi wisata yang belum terekspos. Hal itu lantaran akses jalan masih belum layak,” keluh Hadijana.

Untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada di Kecamatan Cijeruk, Hadijana mengaku akan mengarahkan desa-desa untuk membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dengan memaksimalkan lokasi-lokasi wisata yang selama ini belum terkelola dengan baik.

“Kita akan maksimalkan itu. Karena sejauh ini potensi Wisata panorama disini belum tersentuh,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Bogor, Ade Yasin pun menyadari, untuk mendorong pariwisata di Kecamatan Cijeruk, dibutuhkan pembangunan infrasruktur yang cukup besar, khususnya akses jalan ke jalur jalur wisata di sana.

“Ini potensi. Kita akan dorong dari segi infrastrukturnya,” tukasnya.

Ade menjelaskan, butuh sekitar Rp36 triliun untuk mewujudkan pembangunan merata di seluruh Kabupaten Bogor. Namun hal itu, katanya, tidak dimungkinkan karena APBD Kabupaten Bogor hanya sekitar Rp7 triliun saja.

“Kalau kita menampung seluruh aspirasi dari musrembang, reses, tematik, yang sudah saya hitung dengan dikumpulkannya seluruh data yang masuk, ketika harus membangun semua penjuru, ternyata dibutuhkan Rp36 triliun. Bagaimana dengan Rp7 triliun?” jelasnya.

Dia mengungkapkan pembangunan dilakukan secara bertahap dan sedikit demi sedikit di tiap wilayah. Cara ini, kata Ade, tetap memiliki risiko sebab tidak semua masyarakat Kabupaten Bogor akan melihat adanya pembangunan. (all/rb/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *