Delapan Negara Belajar Pemberantasan Narkoba di BNN Lido

by -
PEMBUKAAN: Pelatihan bagi penegak hukum narkotika internasional di BNN Lido, Kecamatan Cigombong, berlangsung hingga 13 November 2019.

METROPOLITAN – CIGOMBONG Badan Narkotika Nasional (BNN) menyelenggarakan pelatihan bagi penegak hukum narkotika internasional atau International Training for Law Enforcement (Inarcell). Hingga Rabu (13/11) mendatang, pelatihan yang diikuti delapan negara ini akan dipusatkan di Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BNN Lido, Kabupaten Bogor.

Delapan negara itu antara lain Arab Saudi, Timur Leste, Kamboja, Thailand, Brunai Darussalam, Kolombia, Papua Nugini dan Seychelles. BNN bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, Imigrasi, Bakamla dan polri. “Pelatihan ini sudah kedua kalinya. Kami bersama-sama mengikuti pelatihan agar mendapatkan pemahaman yang sama dan bertukar informasi tentang permasalahan jaringan dan profiling serta situasi terkini tentang narkotika secara nasional maupun internasional,” ujar Kepala BNN, Heru Winarko, kemarin.

Menurut dia, narkoba adalah musuh bersama, sehingga harus bekerja sama dalam memberantasnya. Pemberantasan ini, kata dia, harus satu persepsi, baik tingkat atas sebagai pengambil kebijakan maupun yang di lapangan. “Yang di lapangan ini kita kumpulkan untuk mengikuti pelatihan. Selain materi di sini kita juga akan bawa mereka ke pelabuhan dan bandara. Harapannya akan menjadi satu kesatuan untuk bersama-sama memberantas narkoba,” ucapnya.

Pihak BNN sendiri terus aktif dalam memberantas narkoba. Tahun ini telah mengungkap peredarannya sebanyak 60 kasus dan berhasil mengatasi dengan berkurangnya suplai narkoba. “Putaw dan heroin sudah hampir tidak ada di Indonesia. Mereka menggunakan berbagai sistem,baik perbankan, jaringan IT ini terus kita antisipasi, maka pada pelatihan ini kita juga masukan sebagai pelatihan bagaimana cara mengatasi dokwebatau transaksi melalui online,” ujarnya.(nto/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *