Distan Dorong Peningkatan Hasil Panen Bawang Merah

by -
PANEN: Bupati Sukabumi Marwan Hamami beserta jajarannya memanen bawang merah, kemarin.

METROPOLITAN – Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Sudrajat memastikan luas tanah pertanian bawang merah di Kecamatan Simpenan sekitar 17,5 hektare.

Dari luas tersebut, ada sekitar 1.000 meter persegi lahan yang dipanen Kelompok Tani Tegallega.

Hal tersebut disampaikan Ajat saat menggelar gerakan panen dan tanam bawang merah di Desa Loji, Kecamatan Simpenan, kemarin.

”Luas lahan pertanian tanaman bawang merah yang dipanen ada sekitar 1.000 meter persegi. Luas lahan yang dipanen di Kelompok Tani Tegallega 1.000 meter persegi,” kata Ajat.

Ajat menjelaskan, gerakan panen dan tanam ini bertujuan dapat menghitung jumlah produksi hasil tanam para petani.

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan apresiasi hasil kerja keras para petani untuk terus mengembangkan bawang merah.

”Semoga gerakan panen dan tanam bawang merah bukan hanya seremonial saja, melainkan benar-benar dapat memotivasi petani untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, khususnya bawang merah, dan melakukan percepatan olah tanah dan tanam sehingga sasaran produktivitas dapat tercapai,” ucap Marwan.

Ia mengaku pemerintah akan terus mendorong para petani dalam mengembangkan bawang merah agar ke depannya lebih intensif dan produktif.

”Para petani harus bisa berinovasi untuk mengolah bawang merah. Jangan hanya pas panen langsung dijual namun bagaimana nanti kita akan dorong para petani untuk berinovasi menciptakan olahan-olahan berbahan dasar bawang merah. Agar nilai jual bawang merah akan lebih baik dan kesejahteraan bagi para petani pun akan terus meningkat,” pungkasnya. (ade/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *