GMNI Bogor Peringati Hari Pahlawan

by -
KEGIATAN: GMNI cabang Bogor melaksanakan agenda penerimaan anggota baru dengan mengusung tema ‘Makna Sebuah Titipan Azas Marhaenisme Bung Karno’ di Vila Curug Cigamea.

METROPOLITAN – Gerakan Mahasiswa Nasioanal Indonesia (GMNI) merupakan oraganisasi mahasiswa yang berazaskan ajaran-ajaran Bung Karno. Memperingati Hari Pahlawan, GMNI Cabang Bogor melaksanakan agenda penerimaan anggota baru untuk pemuda milenial di Kabupaten dan Kota Bogor. Kegiatan mengusung tema ‘Makna Sebuah Titipan Azas Marhaenisme Bung Karno’, di Villa Curug Cigamea, Kabupaten Bogor, 9-10 November lalu.

Kegiatan penerimaan anggota baru diikuti seluruh komisariat se-Bogor Raya. Peserta terdiri dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pakuan (Unpak) dan Universitas Djuanda (Unida) Bogor. Kegiatan bertujuan untuk meregenerasi pemikiran Bung Karno kepada generasi milenial, karena banyak dari ajaran Bung Karno yang mulai dilupakan oleh pemuda masa kini.

“Pemikiran Bung Karno masih sangat relevan dengan keadaan Indonesia kini. Meregenerasi pemikiran Bung karno adalah hal yang wajib untuk dilaksanakan, khususnya untuk membentuk generasi muda yang cinta dengan tanah air,” kata Ketua Panitia Kegiatan, Rengga.

Menurutnya, titipan azas perjuangan Bung Karno harus terus diwariskan dan disesuaikan konteksnya sesuai dengan perkembangan zaman. Pemuda kini dinilai mulai melupakan azas dasar seperti marhaenisme dan nasionalisme, karena ledakan arus informasi yang bersifat sangat liberal.

“Tantangan ini di jawab oleh GMNI dengan membuat agenda-agenda menarik ala generasi milenial untuk mempelajari azas Bung Karno,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Cabang Bung Fera juga menegaskan bahwa GMNI Bogor akan terus melakukan pembaharuan dalam melebarkan ajaran pancasila. Kegiatan-kegiatan yang dibuat DPC GMNI Bogor akan disesuaikan dengan kultur pemuda era milenial. Kedepa, kata dia, GMNI Bogor akan terus melakukan inovasi-inovasi kegiatan, seperti peringatan Hari Pahlawan tahun ini.

“GMNI melakukan kegiatan kaderisasi di tempat wisata dengan pengemasan konsep segar dan fun untuk pemuda. Harapan ke depanya regenerasi nilai Bung Karno bisa terus dilanjutkan hingga terbentuk generasi Milenial Bung Karno,” paparnya.

Kegiatan yang dilakukan GMNI Bogor terdiri dari Malam Keakraban, penanaman nilai pancasila dan nasionalisme melalui outbound, games, serta diskusi yang dilakukan sembari hiking di alam terbuka.

Agenda lainya adalah diskusi lintas komisariat GMNI Bogor dan penguatan mental dengan kegiatan “Night for Hero” atau yang lebih dikenal dengan jurit malam. Kegiatan ini dilakukan agar peserta bisa memiliki kepekaan dan penguatan mental dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan Marhaenisme. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *