Ini Janji Anies Baswedan, Jadi Ketua APPSI

by -

METROPOLITAN – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Sebagai pemimpin APPSI, dia menjanjikan beberapa hal.

Salah satunya, Anies menjanjikan kerja sama ekonomi antarwilayah Indonesia akan lebih makmur. Mantan Mendikbud ini mengungkapkan rencana kerjanya setelah ditetapkan sebagai Ketua APPSI periode 2019-2023. Salah satun salah satu rencana kerjanya, yakni mengintensifkan perdagangan antarwilayah.

Dia menuturkan akan memastikan setiap hasil komoditas akan punya pasar di daerah lain. Cara yang dilakukan, yakni setiap pemerintah daerah (pemda) didorong menyusun regulasi yang memperbesar peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjadi distributor komoditas dagang, terutama komoditas pertanian di daerah tersebut.

“Dengan begitu, produk-produk yang dihasilkan di wilayah-wilayah itu bisa menemukan pasarnya,” kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 27 November 2019.
.
Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Jakarta menjadi contoh bagi daerah lain sebagai tempat bertemunya komoditas-komoditas pangan yang berasal dari banyak daerah lain di Tanah Air. Karena itu, Anies ingin hal serupa terjadi di banyak daerah di Indonesia, sehingga sesama daerah saling memakmurkan.

“Kita yang akan memulai dialog-dialog untuk perdagangan antarwilayah. Itu yang utamanya,” ujarnya.

Selain itu, dia juga akan memperjuangkan pengusulan format baru rancangan pembangunan daerah. Dia mengaku menerima aspirasi daerah-daerah, utamanya di kawasan Timur, yang tidak bisa membangun dengan optimal karena format rancangan pembangunan tidak menguntungkan mereka.

“Bagi kawasan-kawasan yang kepulauan dan penduduknya sedikit, akhirnya kecepatan pembangunannya jadi rendah karena jumlah penduduknya tidak banyak, bentuknya kepulauan. Salah satu program adalah penyusunan format baru untuk ditawarkan kepada pemerintah pusat,” tuturnya.

Sementara itu, Anies terpilih menjadi Ketua APPSI dalam Musyawarah Nasional (Munas) APPSI di Hotel Borobudur, Jakarta pada Selasa, 26 November 2019. Kepengurusan APPSI akan dilantik langsung oleh presiden.

“Semula kebiasaannya adalah selesai Munas, langsung ada pengukuhan (pengurus). Tetapi, tahun ini tidak dilakukan, karena bapak presiden sedang tidak berada di Indonesia. Karena itulah, nanti akan dicarikan jadwal (pelantikan) baru,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *