Jadwal KA Mengalami Perubahan Pada 1 Desember 2019

by -

METROPOLITAN – Sebagian perjalanan kereta api akan mengalami perubahan jadwal mulai 1 Desember 2019 mendatang.

Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) Tahun 2019 PT KAI (Persero).

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api.

Data ini mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menjelaskan, gapeka baru dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan.

“Penetapan Gapeka (grafik perjalanan kereta) 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,” kata Edi, Jumat (1/11/2019).

Edi mengatakan, penggantian Gapeka dilakukan karena sejak dua tahun lalu terjadi banyak perkembangan bidang perkeretaapian.

Perkembangan itu di antaranya pengoperasian jalur ganda lintas selatan Jawa dan Sumatera, penambahan lintas baru seperti LRT Sumatera Selatan, penambahan stasiun, penambahan kecepatan prasarana, dan penetapan perjalanan kereta api baru.

“Melalui Gapeka 2019, kami berharap semakin banyak lagi masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta api,” ujar dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jumlah perjalanan KA di Gapeka baru sebanyak 101 KA penumpang reguler. Sementara, pada Gapeka sebelumnya, terdapat 93 KA penumpang reguler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *