Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP

by -

METROPOLITAN – Keputusan Jorge Lorenzo untuk pensiun dari MotoGP di akhir musim ini tidak hanya mengejutkan penggemar balap motor roda dua. Marc Marquez sebagai rekan satu timnya di Repsol Honda juga merasa sangat kaget dengan keputusan mendadak tersebut.

Jorge Lorenzo mengumumkan keputusannya pada sesi konferensi pers menjelang balapan MotoGP Valencia 2019, Kamis (14/11/2019). Dia mengaku terpaksa gantung helm karena sudah kehilangan motivasi. Rencananya pensiun bahkan sudah muncul setelah jatuh di MotoGP Belanda, pada 30 Juni 2019.

Sejak pindah ke Honda, Lorenzo kesulitan menemukan performa terbaiknya. Terlebih, dia direcoki cedera beruntun. Alhasil, pencapaiannya sangat bertolak belakang dengan Marc Marquez yang jadi juara dunia. Lorenzo tercecer di posisi ke-19 dengan hanya meraup 25 poin.

“Kabar ini juga mengejutkan saya juga. Kami tak mengetahuinya di tim. Ini kejutan, terutama jika melihat bagaimana kami bekerja di garasi pada beberapa balapan terakhir,” kata Marquez tentang keputusan Lorenzo pensiun, seperti dilansir AS.

“Hasilnya bisa lebih bagus. Tapi, cara Jorge Lorenzo¬†bekerja sama seperti hari pertama tiba di Honda,” imbuh Marc Marquez.

Marc Marquez tak lupa memberi selamat kepada Lorenzo atas semua yang dilakukan Lorenzo selama di MotoGP.

“Saya harus memberinya selamat, terutama atas kariernya dan bagaimana dia membuat keputusan. Dia juara sejati dan melihat dia tak mampu mencapai posisi atas, maka dia memutuskan berhenti,” ujar Marquez.

“Itu mengungkapkan banyak tentang dirinya, tentang karakternya yang kuat di dalam dan luar lintasan. Dia juara sejati dan Anda harus memberinya selamat dan mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan,” imbuh Marquez.

Lorenzo memulai kariernya di balap MotoGP pada 2008.

Ia tercatat sudah lima kali menjadi juara dunia di ajang balap motor, tiga di antaranya di kelas MotoGP. Kariernya moncer saat masih memperkuat Yamaha pada 2008 hingga 2016.

Selama mengikuti MotoGP, Jorge Lorenzo sudah balapan sebanyak 202 kali. Dia mencatatkan 47 kemenangan, 117 podium, dan 43 pole. Lorenzo mengumpulkan 2.896 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *