Kontribusi Tiga BUMD Jadi Sorotan Ketua DPRD

by -

METROPOLITAN – SUKABUMI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi terus menggenjot kontribusi peran beberapa perusahaan umum daerah (Perumda) sebagai badan usaha milik daerah (BUMD). Beberapa Perumda yang jadi sorotan di antaranya, Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri, Perumda Pesona Pariwisata, dan Perusahaan daerah aneka tambang (PDAT).

Dalam kunjungan kerja dewan ke sejumlah BUMD, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi,  Yudha Sukmagara mengatakan perlunya mendorong kinerja perusahaan plat merah agar berkembang.

“Kalau lihat kondisi sekarang cukup sedih. Seperti posisi PDAT sekarang kelihatan stagnan,”tuturnya. Politisi Gerindra ini mengaku prihatin kalau PDAT terjadi pembubaran, melihat potensi yang ada.

“Kabupaten sukabumi sangat kaya dengan sumber daya alam (SDA), dan PDAT mempunyai sebuah potensi besar untuk masuk ke ranah pengelolaan di Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.  Saat ini, pemerintah masih mengkaji soal keberlangsungan PDAT. Termasuk terkait penyertaan modal guna menjalankan roda perusahaan.

Baca Juga  DPRD Soroti Pembangunan Jembatan Gerendong

“Sebagai Ketua DPRD tentunya prihatin kalau sampai dibubarkan. Makanya, kami akan mendukung agar ini bisa tetap berjalan. Untuk modal, mudahmudahan bisa terselesaikan,”tuturnya.

Selain soal PDAT, pihaknya juga menyinggung soal Perumda AM. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang air minum, ia meminta agar pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan.

“Jangan sampai ada kualitas air yg kurang bagus, “Memang perlu ada sebuah program agar distribusi air ini bisa merata,”ujar Yudha. Sementara, terkai Perumda Pesona Pariwisata, ia juga menilai kalau BUMD ini punya potensi untuk dikembangkan. Sebab, Kabupaten Sukabumi juga memiliki potensi wisata yang beragam.

“Contohnya objek wisata Cimalati, Goa Lalay, dan satu lagi di Palabuharatu. Ini bisa dikembangkan untuk menarik wisatawan. Karena punya nilai sejarah yang kuat,”bebernya.

Baca Juga  Hanura Sumbang Caleg eks Koruptor Terbanyak

Untuk itu, ia meminta agar Perumda Pesona Pariwisata berinovasi dalam mendongkrak sektor wisata.

“Dengan potensi air yang alami, perlu dikemas sedemikian rupa supaya bisa mendatangkan wisatawan meskipun akses jalan macet,”katanya.  Ia juga berpesan agar pemerintah daerah tidak alergi terhadap investor yang masuk.

“Keberadaan investor harus didukung agar wilayah ini bisa maju dan berkembang,”pesanya. (win/ade/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *