Korban Gempa Malasari Tunggu Lahan Relokasi

by -
BANJIR: Adanya penyempitan saluran menyebabkan Jalan Raya Cibadak di Desa Cibadak, Kecamatan Dramaga, jadi langganan banjir.

METROPOLITAN – NANGGUNG Nasib ke -10 Kepala Keluarga (KK) korban gempa di Kampung Malasari masih terkatung- katung. Saat ini, Pemerintah Desa Malasari, Kecamatan Nanggung tengah mencarikan lahan relokasi yang aman bagi 210 Kepala Keluarga (KK) korban gempa, pada Oktober 2019.

Pjs Kepala Desa Malasari, Sukandar mengatakan, berdasarkan rekomendasi dari BPBD Kabupaten Bogor ada tiga kampung yang harus direlokasi. Total rumah warga yang rusak akibat gempa dan harus direlokasi ada sekitar 210 KK.

“Kita tengah mencari lahan untuk relokasi. Setelah ada lahan, nanti ada survei dari dinas terkait. Apakah lahan tersebut layak untuk relokasi atau tidak,” ujarnya.  Ia menambahkan, pemdes mengusulkan lahan relokasi di wilayah Nirmala, Blok Ciwalet seluas dua hektare. Lahan tersebut milik perkebunan dan harus dinegosiasikan ke pemilik. Untuk sementara warga yang terdampak gempa pada Oktober 2019, sebagain ada yang kembali ke rumah masih-masing. Bagu rumah mereka yamg rusak parah, memilih tinggal di rumah saudara.

“Ada 71 KK yang kondisi rumahnya rusak ringan. Nantinya ada bantuan tunai dari Pemkab Bogor. Anggaran tersebut digunakan untuk perbaikan rumah. Nominalnya berapa saya belum tau, namun sudan dianggarkan di 2020,” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *