Mahasiswa IPB Juara Lomba Debat Politik Nasional

by -
MENANG: Tiga mahasiswa IPB University menjadi juara pertama Lomba Debat Sosial Politik Nasional di UNJ, belum lama ini.

METROPOLITAN – Tim mahasiswa IPB University, Ramadhani Dwi Handrian, Yusuf Ali Nurdin, dan Sandi Fantea menjadi juara pertama lomba debat Sosial Politik Nasional di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Mereka berhasil menang setelah pada babak final unggul dari tim lainnya dari delapan pergurun tinggi di Indonesia.

Topik yang diperdebatkan pada lomba tersebut seputar Rancangan Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (RUU KPK), RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), permasalahan agraria dan pro-kontra kebijakan presiden di kabinet baru. Pada babak penyisihan, peserta lomba diberikan 14 mosi yang kemudian diundi, sedangkan pada babak semi final dan final mosi diberikan secara mendadak.

Baca Juga  HTN, Mahasiswa Singgung Kasus MNC Land vs Warga

Menurut Ramadhani, tim IPB mendapatkan tiga mosi pada babak penyisihan. Salah satunya adalah mosi mengenai keputusan memilih pengganti pendamping atau wakil dalam posisi tertentu yang harus ditentukan tingkat tertinggi di pemerintahan.

“Kami berada di posisi kontra, percaya bahwa setiap daerah memiliki otonominya masing-masing sehingga peran wakil kepala daerah kurang tepat jika dipilih lembaga pusat,” jelas Dhani.

Tim IPB juga mendapat mosi mengenai kualitas tenaga pendidik yang hanya dapat dinilai dari tingkat pendidikan formalnya. Tim IPB juga mendapat posisi kontra. Menurut Ramadhani, tim meneguhkan pendapat bahwa banyak tenaga ahli seperti kalangan praktisi yang tidak menempuh sekolah formal, tapi memiliki kapasitas jika harus mengajar suatu mata pelajaran tertentu. Misalnya guru akting, guru kesenian dan guru olahraga.

“Tim juga menyoroti kekurangan tenaga pendidik di daerah terpencil, terbelakang, dan pedalaman di Indonesia. Karena tidak bisa menerapkan standar minimal tingkat pendidikan formal tenaga pendidiknya,” terangnya. (*/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *